Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Barcelona Menang meski Tanpa Messi dan Suarez, Atletico Tertahan

By Kamis, 21 Januari 2016 | 05:11 WIB
Penyeranag Barcelona, Neymar da Silva Santos Junior (2 dari kiri), melakukan selebrasi bersama rekannya, El Haddadi (kiri) dan gelandang Arda Turan (kanan), setelah mencetak gol ke gawang Athletic Bilbao pada leg pertama perempat final Copa del Rey di Stadion San Mames, Rabu (20/1/2016). (ANDER GILLENEA/AFP)

Barcelona meguak asa melangkah ke semifinal Copa del Rey sekaligus mempertahankan trofi tersebut usai menang 2-1 atas Athletic Bilbao pada leg pertama perempat final di Stadion San Mames, Bilbao, Rabu (20/1/2016) waktu setempat atau Kamis (21/1) dini hari WIB. 

Gol kemenangan The Catalans dicetak Munir El Haddadi dan Neymar, sedangkan balasan Bilbao tercipta di pengujung laga oleh Aritz Aduriz Zubeldia.

Hasil ini tentu saja menjadi modal yang sangat bagus bagi Azulgrana, yang membuat mereka tetap di jalur bagus untuk menyapu bersih gelar pada musim 2015-2016. Pasalnya, selain di ajang Copa del Rey, pasukan Luis Enrique juga sedang menapaki jalan untuk mempertahankan trofi La Liga dan Liga Champions.

Kemenangan di kandang Bilbao, yang juga dikalahkan dengan skor 3-1 pada final turnamen ini pada musim lalu lewat dua gol Lionel Messi dan satu dari Neymar, membuat pekerjaan Barca menjadi lebih mudah. Apalagi pada leg kedua, 27 Januari nanti, giliran Neymar dkk yang menjamu Bilbao di Camp Nou.

Meski tanpa peraih Ballon d'Or 2015, Messi, yang kondisinya tidak terlalu fit, serta pembuat hat-trick ke gawang lawan yang sama pada akhir pekan kemarin di ajang La Liga, Barca mendominasi permainan.

Merujuk statistik Livescore, El Barca menguasai bola sebanyak 62 persen. Sementara itu tembakan yang tepat ke sasaran relatif berimbang, karena Barca melakukannya sebanyak empat kali, berbanding tiga milik tuan rumah.

Ketika laga memasuki menit ke-18, Barca membuka keunggulan. Umpan silang Ivan Rakitic ke dalam kotak penalti diselesaikan dengan sempurna oleh Munir, yang berhasil memperdaya kiper Iago Herrerin. Tujuh menit berselang, giliran Neymar, yang membobol gawang lawan.

Saat pertandingan tersisa satu menit, Bilbao bisa mencetak satu gol balasan. Aduriz dengan sempurna menyelesaikan umpan Mikel San Jose Dominguez, untuk membuat skor menjadi 2-1 yang bertahan hingga laga usai.

Sementara itu pada pertandingan lain, Celta Vigo hanya bermain imbang tanpa gol saat menjamu pemuncaka klasemen sementara La Liga, Atletico Madrid. Secara keseluruhan, laga berlangsung imbang karena penguasaan bola hanya terpaut sedikit, yakni 52 berbanding 48 persen untuk tuan rumah.

Selanjutnya, giliran Atletico yang akan menjamu Celta Vigo di Vicente Calderon pada 27 Januari.