Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Buldog dari Bergamo Tidak Percaya Diri

By Riemantono Harsojo - Kamis, 21 Januari 2016 | 21:24 WIB
Gelandang Atalanta, Marten de Roon, merayakan keberhasilan menjebol gawang Palermo pada 6 Desember 2015 di Bergamo. (TULLIO M. PUGLIA/GETTY IMAGES)

Gelandang berjuluk Buldog dari Bergamo tidak percaya diri dalam waktu dekat dirinya akan dipanggil tim nasional.

Pemain yang dijuluki Buldog dari Bergamo adalah Marten de Roon. Ia adalah gelandang bertahan klub Atalanta, yang pada pekan ke-20 berada di peringkat 12 klasemen sementara Serie A 2015-2016.

De Roon adalah pemain inti Atalanta. Dalam 20 giornata Serie A 2015-2016, pemain asal Belanda itu dipercaya oleh pelatih Edoardo Reja untuk tampil dalam 19 pertandingan.

De Roon absen dalam pertandingan Atalanta kontra Genoa di pekan ke-19 (10 Januari 2016) karena menjalani hukuman akumulasi kartu kuning.

Data tersebut bukti bahwa Reja sangat percaya pada De Roon. Penampilan terbaik pemain 24 tahun ini terjadi kala Atalanta bertemu Palermo, di mana dia mencetak satu assist dan satu gol. 

Mampu beguler bermain di salah satu kompetisi tersulit di Eropa, De Roon mulai dikaitkan dengan tim nasional Belanda oleh media-media di Negeri Kincir Angin. Namun, De Roon tidak percaya diri akan segera dipanggil tim nasional Belanda.

"Saya bukan gelandang seperti Riechedly Bazoer (Ajax) atau Jordy Clasie (Southampton). Saya adalah penyeimbang, seorang penekan dan pelindung. Tipe gelandang seperti itu biasanya tidak bermain di tim nasional Belanda," kata De Roon kepada Voetbal International edisi 20 Januari 2016.

De Roon belum pernah membela tim nasional senior Belanda. Pada 2009, ia tiga kali memperkuat tim Belanda U-19.

De Roon hijrah ke Italia pada Juli 2015. Ia dibeli Atalanta dari Heerenveen dengan nilai 1,3 juta euro.