Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Hanya Tommy, Tunggal Putra Indonesia yang Bertahan

By Kamis, 21 Januari 2016 | 00:03 WIB
Pemain tunggal putra Indonesia, Tommy Sugiarto, merayakan kemenangan atas Kidambi Srikanth (India) pada laga final Indonesian Masters di Graha Cakrawala, Malang, Minggu (6/12/2015). (SUCI RAHAYU/JUARA.NET)

Dari 10 pemain tunggal putra Indonesia yang bersaing pada babak utama Malaysia Masters, hanya Tommy Sugiarto yang lolos ke babak ketiga.

Nomor tunggal putra memainkan babak pertama dan kedua pada Rabu (20/1/2016) di Stadium Spice, Penang.

Nomor ini memang memainkan satu babak lebih banyak dibanding nomor lain karena diikuti 64 pemain, atau dua kali lipat lebih banyak.

Pada babak pertama yang berlangsung Rabu pagi, Tommy menundukkan pemain Indonesia lainnya, Wibowo Setyaldi Putra, 21-18, 21-11.

Unggulan ke-3 tersebut melangkah ke babak ketiga setelah menundukkan wakil India, B Sai Praneeth, dengan 21-14, 10-21, 21-18, Rabu malam.

Tommy akan memperebutkan tiket ke babak perempat final dengan menghadapi pemain Korea Selatan, Lee Dong-keun, Kamis (21/1/2016).

Lima pemain tunggal putra Indonesia langsung tumbang pada babak pertama, termasuk Ihsan Maulana Mustofa yang kalah dari unggulan ke-7 asal Hong Kong, Wei Nan, dengan 18-21, 15-21.

Selain Wibowo dan Ihsan, tiga pemain lainnya yang langsung terhenti pada babak pertama adalah Fikri Ihsandi Hadmadi, Wisnu Yuli Prasetyo, dan Nathaniel Ernestan Sulistyo.

Lima pemain berhasil melangkah ke babak kedua, tetapi empat di antaranya gagal melaju. Mereka adalah Jonatahn Christie, Anthony Ginting, Sony Dwi Kuncoro, dan Simon Santoso.