Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Borussia Dortmund Bidik Gelandang Serang Baru

By Wieta Rachmatia - Rabu, 20 Januari 2016 | 17:50 WIB
Yunus Malli (kanan), saat membela Mainz dalam laga uji coba melawan AS Monaco di Stade des Arberes pada 22 Juli 2015. (HAROLD CUNNINGHAM/GETTY IMAGES)

Borussia Dortmund tinggal selangkah lagi untuk mendapatkan Yunus Malli (23). Gelandang serang milik FSV Mainz ini dikabarkan bakal segera hijrah ke Dortmund dengan nilai transfer 13 juta euro atau setara dengan 197,7 miliar rupiah.

Manajer Mainz, Christian Heidel, mengklaim bahwa belum ada kesepakatan antara pihaknya dengan kubu Dortmund soal penjualan Malli pada bursa transfer musim dingin 2016.

Menurutnya, Mainz belum siap kehilangan salah satu pemain bintangnya tersebut.

"Belum ada kesepakatan. Negosiasi belum selesai," ucap Heidel.

Namun menurut situs Bild, Malli sudah setuju untuk bergabung dengan Dortmund dengan kontrak berdurasi empat tahun. Penandatanganan kontrak dijadwalkan berlangsung pada pekan ini.

Mainz mendapatkan keuntungan besar dengan melepas Malli ke Dortmund. Maklum, mereka hanya perlu membayar 3,5 juta euro (53,2 miliar rupiah) saat merekrut Malli dari tim junior Borussia Moenchengladbach pada 2010.

Berkat penampilan Malli yang cukup mengesankan, kini klausul penjualan pesepak bola berkewarganegaraan Turki itu mencapai sembilan juta euro (137,1 miliar rupiah).

Lahir di Kassel, Jerman, Malli memulai karier di akademi sepak bola Gladbach. Ia bahkan sempat membela tim nasional Jerman di level junior mulai U-17 hingga U-21.

Namun pada 2015, Malli memutuskan untuk bergabung dengan tim nasional Turki yang notabene negara asal sang ayah.

Ia melakoni debut internasional pada 6 November 2015, tepatnya dalam laga uji coba melawan Qatar.