Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

'Messi Klasik, Ronaldo Robot, Neymar Pop'

By Septian Tambunan - Kamis, 21 Januari 2016 | 08:24 WIB
Neymar merayakan gol yang dia cetak untuk Barcelona dalam pertandingan La Liga kontra Athletic Bilbao di Camp Nou, Barcelona, Spanyol, 17 Januari 2016. (DAVID RAMOS/GETTY IMAGES)

Legenda Real Madrid, Jorge Valdano (60), memiliki sudut pandang tersendiri terhadap tiga kandidat Ballon d'Or 2015, mulai dari Lionel Messi (28), Cristiano Ronaldo (30), hingga Neymar (23). Nama terakhir dia prediksi akan segera meraih titel Ballon d'Or.

"Messi mengacu kepada gaya klasik dan Cristiano Ronaldo adalah pemain masa depan dengan mengandalkan fisik serta kekuatan robot," kata Valdano yang dilansir Football Espana, Rabu (20/1/2016).

"Setelah itu, muncul Neymar, pesepakbola dengan karakter pop," ucapnya lagi.

Secara khusus, Valdano memuji Neymar sebagai bintang masa depan yang akan merengkuh Ballon d'Or dalam waktu dekat.

"Neymar akan memenangi Ballon d'Or dalam kurun waktu tiga tahun mendatang," ujar pria yang mempersembahkan trofi Piala Dunia 1986 untuk tim nasional Argentina itu.

"Dia menjadi lebih dominan. Tahun pertama di Barca, dia melayani Lionel Messi. Tahun kedua, dia menjadi mitra, dan sekarang dia bermain lepas seperti yang dia inginkan karena dia merasa sebagai bintang," tuturnya menjelaskan.


Neymar Junior, saat merayakan golnya untuk Barcelona ke gawang Villarreal di Camp Nou pada 8 November 2015.(DAVID RAMOS/GETTY IMAGES)

Valdano pun menyanjung lebih lanjut kapten timnas Brasil tersebut.

"Dia menampilkan citra seorang pria yang bahagia ketika bermain sepak bola," kata eks pelatih Real Madrid itu.

"Permainan dia merupakan seni, karena bisa menggabungkan kehebatan tekniknya dengan imajinasi yang menyenangkan. Ini asli, indah, dan efektif," ujarnya.

Kini, Neymar menjadi raja assist Barcelona di ajang La Liga dengan torehan 9 buah. Dia juga melesakkan 16 gol dari 17 penampilan di kompetisi tersebut.