Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Perbedaan Zidane dan Benitez

By Selasa, 19 Januari 2016 | 04:21 WIB
Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, dan penyerang Cristiano Ronaldo berdiskusi di lapangan latihan Valdebebas, 6 Januari 2016 (GERARD JULIEN/AFP)

 Ivan Campo membeberkan pandangannya soal perbedaan antara Zinedine Zidane dan Rafael Benitez sebagai pelatih Real Madrid. Itu terkait dengan masalah respek dari para pemain.  

Zidane menjalani start sempurna sebagai pelatih Real Madrid. Dua kali bertanding di La Liga, Los Blancos menang 2 kali dan punya rekor gol 10-1. 

Keberhasilan menjalani start sempurna sebagai pelatih itu tak lepas dari kemampuan Zidane menjaga situasi kondusif di tim. Bahkan, Cristiano Ronaldo mengatakan para pemain Real Madrid lebih menunjukkan empati kepada Zidane.

"Zidane bagus. Saya pikir, sejumlah problem yang terjadi di Real Madrid (saat dilatih Benitez), langsung bisa teratasi," kata Campo seperti dilansir International Business Times, Senin (18/1/2016).

Menurut bek Real Madrid antara 1998 dan 2003 itu, melatih tim besar memerlukan kemampuan menjaga situasi kamar ganti pemain untuk tetap kondusif. Ada bintang selalu dimainkan pada tiap pekannya, tetapi hanya 11 pemain yang boleh tampil di lapangan.

"Untuk bisa mengatasi hal tersebut, butuh sesuatu yang istimewa dari seorang pelatih," tutur mantan rekan satu tim Zidane itu.

"Anda harus punya pengalaman dan bisa menghadirkan respek dari para pemain. Dalam beberapa situasi, saya melihat pelatih tak bisa menghadirkan respek itu. Itulah perbedaan utama antara Zidane dan Benitez," ucapnya lagi.