Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Suarez Hat-trick, Barcelona Benamkan Bilbao

By Nugyasa Laksamana - Senin, 18 Januari 2016 | 04:25 WIB
Tiga pemain Barcelona, Lionel Messi, Neymar, dan Luis Suarez merayakan gol ke gawang Athletic Bilbao pada laga lanjutan Divisi Primera La Liga di Stadion Camp Nou, Minggu (17/1/2016) waktu setempat. (LLUIS GENE/AFP )

Barcelona berhasil membantai Athetic Bilbao dengan kedudukan 6-0, pada laga lanjutan Divisi Primera La Liga di Stadion Camp Nou, Minggu (17/1/2016) waktu setempat.

Enam gol kemenangan Barcelona diciptakan oleh Lionel Messi (7'), Neymar (31'), Luis Suarez (47', 69', 82'), dan Ivan Rakitic (62').

Pasukan Luis Enrique sudah mendominasi sejak awal laga. Menurut catatan Whoscored, Barcelona menguasai bola hingga 70 persen berbanding 30 persen milik Bilbao.

Dominasi Barcelona juga dapat dilihat dari jumlah tembakan. Tuan rumah melepaskan delapan tendangan ke gawang dari 20 usaha, sedangkan Bilbao hanya satu dari tujuh percobaan.

Saat laga baru berjalan empat menit, kiper Bilbao, Iraizoz, dikartu merah oleh wasit setelah menjatuhkan Suarez di kotak terlarang.

Barcelona pun menerima hadiah penalti dan Messi sukses menjadi eksekutornya. Peraih lima gelar Ballon d'Or itu menendang bola ke sisi kanan gawang. Barcelona unggul 1-0.

Pada menit ke-31, Barcelona menggandakan keunggulan menjadi 2-0. Kali ini Neymar yang mencatatkan namanya di papan skor.

Pemain Brasil berusia 23 tahun itu mencetak gol dengan cara mencungkil bola melewati kiper kedua Bilbao, Iago Herrerin, setelah menerima operan dari Suarez.

Gol ketiga Barcelona diciptakan oleh Suarez pada babak kedua, tepatnya menit ke-47. Mendapatkan umpan terobosan dari Neymar, Suarez langsung menyarangkan bola ke sisi kanan gawang Bilbao.

Saat babak kedua memasuki menit ke-62, Ivan Rakitic mencetak gol keempat untuk Barcelona. Rakitic membobol gawang Bilbao setelah menerima umpan tarik Neymar dari sisi kiri.