Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Gaji Jermaine Pennant di Singapura Rp382 Juta Sebulan

By Suryo Wahono - Rabu, 20 Januari 2016 | 03:41 WIB
Jermaine Pennant (kanan) merayakan kemenangan Liverpool atas Chelsea dalam pertandingan semifinal Liga Champions di Anfield, Liverpool, Inggris, 1 Mei 2007. (CLIVE BRUNSKILL/GETTY IMAGES)

Bursa transfer Januari kali ini membawa kejutan baru. Jermaine Pennant dikabarkan telah resmi bergabung dengan klub Singapura, Tampines Rovers. Mantan pemain Arsenal itu kini menjadi pemain bergaji termahal sepanjang sejarah S-League.

Pennant sempat menjalani ujicoba dengan Tampines selapa dua pekan. Setelah membuktikan diri masih mampu, negosiasi kontrak dilakukan bersama Ketua Klub Krishna Ramachandra.

Mantan gelandang sayap Liverpool dan Stoke tersebut diperkenalkan secara resmi, Selasa (19/1/2016) waktu setempat. Meski gajinya jauh lebih rendah daripada di Premier League, Pennant tak terlalu menganggap hal itu sebagai masalah.

"Saya tidak memandang S-League sebagai liga lebih rendah. Ini hanyalah salah satu babak dalam karier saya," kata Pennant di situs resmi klub.

Kendati Ramachandra menolak memberi detail angka kontrak yang diterima pemain barunya, media Singapura memperkirakan pemain yang diberi nomor punggung 9 itu bergaji sekitar 19.500 pound per bulan (sekitar 382 juta rupiah). Jumlah itu di bawah perkiraan awal yaitu sebesar 30.000 pound.

Jumlah itu sudah sangat besar untuk level Singapura dan ASEAN. Ramachandra juga mengakui bayaran mantan pemain Premier League itu di luar kebiasaan klub. Akan tetapi, Tampines bisa menutupinya dengan sponsor terkait perekrutan Jermaine Pennant.