Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pemenang Piala Dunia 1982 Ingin Gantikan Conte Latih Italia

By Septian Tambunan - Selasa, 19 Januari 2016 | 23:52 WIB
Marco Tardelli, saat menjadi asisten pelatih tim nasional Republik Irlandia, dalam pertandingan grup B kualifikasi Euro 2012 kontra Armenia di Stadion Aviva, Dublin, Irlandia, 11 Oktober 2011. (MICHAEL STEELE/GETTY IMAGES)

Pemenang Piala Dunia 1982, Marco Tardelli (61), memiliki impian untuk menjadi pelatih tim nasional Italia menggantikan Antonio Conte (46) setelah Euro 2016.

Dunia kepelatihan bukan hal yang asing untuk mantan gelandang bertahan Azzurri tersebut. Dia berhasil mengantarkan timnas Italia U-21 menjuarai Euro pada 2000.

Namun, Tardelli juga pernah mengalami masa kelam ketika membesut Inter Milan, Bari, Arezzo, dan timnas Mesir.

Peran terakhirnya adalah menjadi asisten Giovanni Trapattoni di timnas Republik Irlandia dalam edisi 2008-2013.

Legenda Juventus ini mengatakan bahwa dia hanya ingin menukangi tim besar, seperti Italia.

"Saya tidak ingin melatih tim kecil. Saya memiliki tujuan membesut tim besar," kata Tardelli kepada Radio Due yang dilansir Football Italia, Senin (18/1/2016).

"Saya ingin menjadi pelatih Italia ketika Antonio Conte pergi. Saya tidak tahu apakah dia akan pergi setelah Euro," ucapnya lagi.

Tardelli pun menuturkan, "Conte tampaknya marah dalam beberapa aspek pekerjaannya dan jika dia meninggalkan timnas mungkin itu akan menjadi yang terbaik untuknya."

Tardelli merupakan sosok yang sarat prestasi saat bermain, terutama kala membela Juventus. Salah satu pencapaiannya adalah memberikan 5 Scudetto untuk Si Nyonya Tua.