Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Wolfgang Pikal Geser Luciano Leandro di PSM?

By Minggu, 17 Januari 2016 | 16:13 WIB
Wolfgang Pikal, saat melatih timnas Indonesia senior di lapangan Sekolah Pelita Harapan, Karawaci, Tengerang, Rabu (5/11/2015). (HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLA/JUARA.NET)

Belum jelasnya kepastian kompetisi membuat manajemen PSM menunda kedatangan calon pelatih Luciano Leandro ke Makassar. Situasi tersebut membuat jalan Luciano untuk membesut Juku Eja semakin terjal.

Apalagi, manajemen PSM kabarnya juga bernegosiasi dengan kandidat lain, yakni Wolfgang Pikal, eks asisten pelatih tim nasional di era Alfred Riedl.

Wolfgang Pikal sudah sepakat dengan nilai kontrak dan fasilitas yang ditawarkan PSM,” ujar Ali Bomber, penghubung Wolfgang dengan Sumirlan, Direktur PSM.

Sumirlan pun membenarkan telah menjalin komunikasi dengan Wolfgang. Tetapi, eks kapten PSM itu menampik isu bahwa manajemen Juku Eja sudah menetapkan pilihan kepada Wolfgang untuk membesut tim musim depan.

“Belum ada yang pasti. Apalagi, kejelasan kompetisi juga belum ada,” kata Sumirlan.

Menurutnya, manajemen masih menunggu perkembangan pertemuan klub dengan PT Liga Indonesia di Jakarta pada 16 Januari 2016.

“Kalau hasilnya positif, kami baru akan membentuk tim dengan lebih dulu menentukan pelatih,” tutur Sumirlan.

Selama berada di Jakarta, Sumirlan mengaku memiliki agenda bertemu Pikal dan juga agen pemain yang selama ini menjadi relasi PSM.

Wolfgang pun sangat antusias untuk bisa membesut Juku Eja.

"PSM merupakan tim bersejarah. Tentu saya ingin melatih di sana. Saya butuh tantangan baru," kata pelatih kelahiran Austria 48 tahun silam tersebut.

Penulis: Persiana Galih/Kukuh Wahyudi