Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

FIFA Jatuhi Larangan Transfer untuk Madrid dan Atletico

By Anju Christian Silaban - Kamis, 14 Januari 2016 | 20:15 WIB
James Rodriguez memeluk Isco Alarcon (tengah) ketika melakukan selebrasi gol Real Madrid dalam turnamen pramusim Audi Cup kontra Tottenham Hotspur, 4 Agustus 2015. (CHRISTOF STACHE/AFP)

FIFA menjatuhi hukuman larangan transfer untuk Real Madrid dan Atletico Madrid karena kasus perekrutan pemain di bawah usia 18.

Hukuman serupa sempat dijalani oleh Barcelona. La Blaugrana baru dibebaskan dari hukuman terhitung jendela transfer Januari 2016.

Keputusan ini diambil setelah investigasi Komite Disiplin FIFA terhadap aktivitas transfer dua tim asal ibu kota Spanyol tersebut. Madrid dianggap melakukan pelanggaran dari 2005 hingga 2014, sedangkan Atletico dari 2007 sampai 2014.

"Kedua klub harus menjalani larangan transfer sehingga tidak bisa mendaftarkan pemain tingkat nasional dan internasional untuk dua periode transfer ke depan," bunyi pernyataan FIFA.

"Mereka melanggar pasal 5, 9, 19, 19b, lampiran 2, dan 3 dalam regulasi tentang Status dan Transfer Pemain," demikian pernyataan itu.

Sebagai konsekuensi, Madrid dan Atletico tak boleh membeli pemain pada bursa transfer musim panas 2016 dan Januari 2017. Tak ada larangan untuk periode Januari 2015.

Hukuman tak berlaku untuk tim perempuan, futsal, dan voli pantai. Madrid juga masih diizinkan untuk melepas pemain.