Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Syarat Melatih Man United, Mourinho Harus Jadi 'Anak Baik'

By Ade Jayadireja - Senin, 25 Januari 2016 | 22:01 WIB
Reaksi Jose Mourinho saat memimpin Chelsea menghadapi Porto dalam duel Liga Champions, 9 Desember 2015. (CLIVE MASON/GETTY IMAGES)

Ada satu syarat yang harus dipenuhi Jose Mourinho apabila ia ingin menjadi pelatih Manchester United. Pria asal Portugal itu harus menjadi 'anak baik'.

CEO United, Ed Woodward, dikabarkan telah mengontak agen Mourinho, Jorge Mendes, pasca-kekalahan 0-1 dari Southampton pada Sabtu (23/1/2016). Mereka menginginkan The Special One untuk menggantikan Louis van Gaal yang sampai saat ini belum mampu mengangkat prestasi klub.

Di bawah kendali LvG, Setan Merah sudah menelan 6 kekalahan pada musim 2015-2016. Mereka pun tertahan di posisi ke-5 klasemen EPL.

"Jorge adalah teman United. Kedua belah pihak saling berhubungan secara personal melalui email atau bahkan pesan singkat," tutur seorang sumber internal dari Man United seperti dikutip Daily Mail.

Baca juga: Van Gaal: Suporter Pantas Mencemooh Saya

Man United disebut mengajukan sebuah syarat untuk Mourinho. Bila kelak menjadi pelatih Wayne Rooney dkk, eks juru taktik Chelsea itu harus bisa meredam sikap buruknya baik di dalam maupun luar lapangan.

Mourinho memang memiliki reputasi sebagai pelatih kontroversial. Sebagai contoh, ia pernah mencolok mata asisten pelatih Barcelona, Tito Villanova, pada pertandingan el clasico 2011.

Mourinho juga dikenal senang mengkritik wasit. Ia sempat didenda 50 ribu pound (Rp 1 miliar) akibat melontarkan kritik pedas terhadap wasit Robert Madley setelah Chelsea kalah 1-3 dari Southampton, 3 Oktober 2015.

Meski kerap bersikap miring, prestasi Mourinho sebagai pelatihpatut diacungi jempol. Ia telah mengantongi dua gelar Liga Champions, tiga titel Liga Portugal, tiga Premier League, dan dua kali juara Serie A bersama Inter Milan.

[video]https://video.kompas.com/e/4719893654001_ackom_pballball[/video]