Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

"Kejutan dan Ketidakadilan jika Messi Tak Dapatkan Ballon d'Or"

By Anju Christian Silaban - Senin, 11 Januari 2016 | 17:08 WIB
Lionel Messi merayakan gol yang dia cetak untuk Barcelona dalam pertandingan Copa del Rey kontra Espanyol di Camp Nou, Barcelona, Spanyol, 6 Januari 2016. (DAVID RAMOS/GETTY IMAGES)

Mantan kapten Barcelona, Carles Puyol, melihat rekan setimnya, Lionel Messi, pantas memenangi Ballon d'Or 2015.

Messi masuk daftar tiga finalis Ballon d'Or bersama Neymar dan Cristiano Ronaldo. Pemenang bakal diumumkan pada malam penghargaan di Kongresshaus, Zurich, Swiss, 11 Januari 2016.

Messi diunggulkan untuk memenangi edisi tahun ini. Bersama Messi, Barcelona mampu memenangi tiga gelar pada musim 2014-15.

"Anda tak akan pernah mengetahui apa yang terjadi, tetapi sebuah kejutan dan ketidakadilan besar jika Messi gagal memenangi Ballon d'Or," kata Puyol.

Ini bisa menjadi Ballon d'Or kelima sepanjang karier Messi. Sebelumnya, bintang asal Argentina ini meraih penghargaan empat tahun beruntun sejak 2009.

Pesaing terdekat Messi adalah Ronaldo yang memenangi Ballon d'Or 2008, 2013, dan 2014. Menurut Puyol, Ronaldo hanya memiliki peluang kecil untuk mematahkan rekor Messi.

"Sebuah hal sulit untuk pemain lain memenangi lima Ballon d'Or pada masa mendatang. Messi tidak akan pensiun besok. Jadi, apabila memenangi penghargaan kelima, dia bisa menambah lagi," tutur dia.

Selain itu, malam penghargaan Ballon d'Or juga menjadi momen untuk mengumumkan kategori Pelatih Terbaik. Luis Enrique sebagai salah satu calon dipastikan absen.