Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Trik Memasang Target, Loloskan Mitra Kukar Sebagai Finalis

By Persiana Galih - Selasa, 19 Januari 2016 | 05:33 WIB
Pemain Mitra Kukar bersiap jelang berlangsungnya laga semifinal kedua Piala Jenderal Sudirman melawan Arema Cronus di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Minggu (17/1/2016). (SUCI RAHAYU/JUARA.NET)

JAKARTA, JUARA.net – Direktur Operasional Mitra Kukar, Suwanto, dengan hasil positif timnya hingga bisa menjadi finalis Piala Jenderal Sudirman. Dia mengatakan, kesuksesan itu tak lepas dari cara manajemen dalam menetapkan target untuk tim pelatih dan pemain.

“Kami tak pernah muluk-muluk dalam menetapkan target. Misalnya, saat penyisihan grup kami hanya memasang target mencapai perempat final. Begitu juga di perempat final, kami hanya memasang target masuk semifinal,” kata dia, saat ditemui di acara Syukuran Pembubaran Panitia Piala Presiden 2015, di Kunstkring Art Galery, Menteng, Jakarta, Senin (18/1).

Dengan demikian, kata Suwanto, tim pelatih dan pemain merasa lepas saat bertemu dengan lawan-lawan mereka di setiap fase. Di babak penyisihan grup, Naga Mekes, julukan Mitra Kukar, bertemu lawan yang layak dinilai sulit. Di antaranya Persipura Jayapura, Semen Padang FC, PSM Makassar, dan Bali United.

Perjalanan Mitra Kukar terbilang tak terlalu mulus karena selalu lolos sebagai runner-up, baik di babak penyisihan grup maupun di babak perempat final. Namun, sang Naga dapat membuktikan kekuatannya kala melawan Arema Cronus di babak semifinal.

“Kami sangat berterimakasih atas dukungan para suporter. Kemenangan dari tim sekelas Arema tak akan mungkin didapatkan tanpa dukungan mereka,” ujar Suwanto.

Mitra Kukar akhirnya lolos menuju babak final Piala Jenderal Sudirman pada Minggu (24/1), dan bertemu dengan Semen Padang FC yang sukses mengalahkan Pusamania Borneo FC di babak semifinal.