Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Mitra Kukar Perkuat Mental Hadapi Aremania

By Persiana Galih - Minggu, 10 Januari 2016 | 05:07 WIB
Pelatih Mitra Kukar, Jafri Sastra. (Dok. KOMPAS.com)

Pelatih Mitra Kukar, Jafri Sastra, mesti mempersiapkan timnya jelang pertandingan leg kedua semifinal Piala Jenderal Sudirman melawan Arema Cronus di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (17/1/2016) mendatang.

Dalam waktu kurang dari sepekan, Jafri akan memperkuat mental para punggawanya untuk bermain di bawah tekanan puluhan ribu Aremania, suporter fanatik Arema.

"Karakter Arema saat main di kandang ialah memiliki kepercayaan diri yang luar biasa karena didukung puluhan ribu suporternya," ujar Jafri, saat ditemui di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Sabtu (9/1).

"Faktor mental akan menjadi modal utama dalam pertandingan itu. Maka faktor itu akan kami tingkatkan lagi," kata dia.

Kesimpulan tersebut Jafri dapatkan karena berpengalaman bermain melawan klub dengan basis suporter besar. "Karakteristik Arema dan Persib hampir sama," tuturnya.

Meski demikian, ia mengklaim skuat Naga Mekes, julukan Mitra Kukar, telah terbiasa dengan kondisi seperti itu. Dalam 13 kali pertandingan tandang selama Piala Presiden dan Piala Jenderal Sudirman, Mitra Kukar baru kalah tiga kali.

Mitra Kukar tinggal selangkah lagi untuk mendapatkan tiket babak final Piala Jenderal Sudirman. Dalam pertandingan leg pertama babak semifinal, mereka berhasil mengandaskan Arema dengan skor 2-1 di kandang mereka, Stadion Aji Imbut Tenggarong.

Artinya, tugas mereka ke depannya tak seberat tugas Arema. Hal tersebut diyakini Jafri dapat membuat anak-anak Mitra Kukar bermain dengan tenang.