Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Aubameyang Hentikan Dominasi Yaya Toure di Afrika

By Verdi Hendrawan - Jumat, 8 Januari 2016 | 12:07 WIB
Striker Borussia Dortmund, Pierre-Emerick Aubameyang (atas), berebut bola denganbek Arsenal, Kieran Gibbs, dalam lanjutan laga Grup D Liga Champions 2015-2016 di Emirates Stadium, London, Inggris, pada 26 November 2015. (JAMIE MCDONALD/GETTY IMAGES)

Striker Borussia Dortmund asal Gabon, Pierre-Emerick Aubameyang, berhasil menghentikan dominasi Yaya Toure dengan menjadi Pemain Terbaik Afrika 2015.

Aubameyang sukses menggagalkan Toure mendapatkan gelar pemain terbaik Afrika untuk kali kelima secara berturut-turut.

Toure sebenarnya punya peluang besar untuk kembali mendapatkan gelar tersebut. Gelandang Manchester City tersebut sukses membawa Pantai Gading menjuarai Piala Afrika 2015 setelah menunggu selama 23 tahun.

Namun, poin gelandang berusia 32 tahun itu masih kalah dari Aubameyang yang sukses mengumpulkan 143 angka. Toure berada di posisi kedua dengan 136 poin.

Tempat ketiga dihuni oleh gelandang serang Swansea City asal Ghana, Andre Ayew, uang mengoleksi 112 poin.

Salah satu faktor terpilihnya Aubameyang adalah keberhasilannya mencetak 43 gol bagi Dortmund dan Gabon, sepanjang 2015.

Kesuksesan Aubameyang ini membuat dirinya menjadi pemain Gabon pertama yang sukses memenangi penghargaan individu tertinggi di Afrika tersebut.

Kegemilangan Aubameyang ini juga telah memancing banyak klub besar untuk memiliki jasanya. Beberapa klub Premier League, yaitu Arsenal, Manchester United, dan Liverpool, sering disebut-sebut akan memboyong pemain didikan AC Milan ini.

Aubameyang baru menandatangani kontrak baru dengan Dortmund pada musim panas 2015, untuk jangka waktu hingga 2020.