Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Chen Long Sukses Pertahankan Takhta

By Kamis, 31 Desember 2015 | 17:06 WIB
Pebulu tangkis China, Chen Long, mengembalikan kok dari pemain Taiwan, Hsu Jen Hao, pada turnamen All England di Barclaycard Arena, Birmingham, Inggris, 5 Maret 2015. (RICHARD HEATHCOTE/GETTY IMAGES)

Pebulu tangkis China, Chen Long, membuka musim 2015 dengan menjadi pemain nomor satu dunia setelah sepekan sebelumnya menggeser Lee Chong Wei (Malaysia).

Lee kehilangan posisinya setelah tidak bermain beberapa bulan karena sanksi akibat gagal tes doping saat mengikuti Kejuraan Dunia 2014 di Kopenhagen, Denmark.

Kali terakhir Lee bertanding pada Asian Games di Incheon, Korea Selatan, akhir September 2014. Setelah itu dia absen hingga turun lagi pada Piala Sudirman 2015, pertengahan Mei.

Chen Long yang sebelumnya selalu menjadi bayang-bayang Lee akhirnya berhasil naik ke puncak ranking dunia pada pekan terakhir 2014.

Tanpa Lee dan tidak selalu tampilnya Lin Dan (China), Chen Long bisa dikatakan menguasai persaingan tunggal putra pada 2015.

Lima gelar superseries (premier) berhasil dia raih. Pebulu tangkis 27 tahun tersebut juga sukses mempertahankan gelar juara dunia di Jakarta, Agustus.

Jan O Jorgensen (Denmark) terus menempel di peringkat kedua ranking dunia. Pebulu tangkis 28 tahun tersebut tak bisa memenangi satu pun turnamen besar pada 2015.

Tekanan besar justru datang dari pemain muda Jepang, Kento Momota. Pemain 22 tahun tersebut meraih dua gelar superseries (premier) di Singapura dan Indonesia.

Momota juga mencatat sejarah sebagai tunggal putra pertama Jepang yang bisa menjadi juara pada turnamen tutup tahun, BWF Superseries Finals, pada awal Desember.

Lee Chong Wei kembali