Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Messi Rela Tukar 5 Ballon d'Or demi Satu Gelar Piala Dunia

By Suryo Wahono - Selasa, 12 Januari 2016 | 01:16 WIB
Ekspresi Lionel Messi usai mencetak gol ke gawang Deportivo La Coruna di La Liga, 12 Desember 2015. (PAU BARENA/AFP)

Apakah hal terpenting bagi Lionel Messi selama kariernya sebagai pemain? Bintang utama Barcelona itu mengaku tak akan ragu menukar lima trofi Ballon d'Or untuk sebuah gelar di Piala Dunia.

Argentina sudah lama puasa gelar dari turnamen sepak bola terbesar di dunia itu. Messi juga pulang dengan sakit hati ketika mereka kalah 0-1 dari Jerman di Piala Dunia 2014. Padahal dia sangat berharap membawa negaranya menjadi juara.

Jadi, bila dibandingkan dengan gelar individu atau klub, ternyata Messi tak ragu lebih memilih gelar buat Argentina.

"Piala Dunia itu puncak dari permainan (sepak bola). Tentu saja Piala Dunia. Pasti," kata Messi dalam jumpa pers menjelang anugerah Ballon d'Or di Zurich, Swiss.

Messi sudah dinominasikan sembilan kali. Tiap kali masuk daftar, dia mengaku merasa takjub. Dia pernah mengaku tetap akan menjadi pemain bola sekalipun tidak dibayar karena kecintaan Messi terhadap sepak bola. Dia tak terlau berambisi meraih penghargaan pribadi.

"Hanya untuk berada di sini sudah merupakan kepuasan. Ini (Ballon d'Or) adalah sesuatu yang indah. Bila saya menang atau orang lain yang menang, semua itu sama saja," kata Messi seperti dikutip Sky.