Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Perotti atau El Shaarawy? Tergantung Debuchy!

By Rabu, 6 Januari 2016 | 20:04 WIB
Mathieu Debuchy, saat membela Arsenal menghadapi Crystal Palace pada 16 Agustus 2014. (Clive Mason/GETTY IMAGES)

Roma sedang sibuk mencari penyerang baru pada bursa transfer Januari 2016. Diego Perotti atau Stephan El Shaarawy? Pilihan Roma akan bergantung kepada Mathieu Debuchy. Kok bisa?

Menurut situs La Roma 24, Direktur Olah Raga Roma, Walter Sabatini, sebenarnya sudah mengantongi persetujuan dari pihak Perotti (Genoa) maupun El Shaarawy (Monaco/Milan).

Akan tetapi, Sabatini belum bisa meresmikan transfer tersebut karena dirinya masih menanti soal siapakah bek baru yang akan dibeli Roma.

Aturan soal kuota pemain asing membuat Sabatini berhati-hati. Jika Roma jadi mendatangkan Mathieu Debuchy (Arsenal) yang berpaspor Prancis, penyerang baru yang akan berlabuh ke Olimpico kemungkinan besar adalah El Shaarawy yang berkewarganegaraan Italia.

Sebaliknya, jika Sabatini ingin memberikan ruang buat Perotti yang memegang paspor Argentina, Roma mesti melupakan Debuchy dan menatap nama lokal semodel Lorenzo Tonelli (Empoli), Armando Izzo (Genoa), atau Francesco Acerbi (Sassuolo). 

Debuchy sebenarnya sangat dibutuhkan Roma mengingat pelatih Rudi Garcia selama ini miskin pilihan di sektor bek kanan.

Alessandro Florenzi yang kerap diandalkan pelatih Rudi Garcia di posisi tersebut sejatinya adalah gelandang atau pemain sayap. Pelapis Florenzi, Maicon, sering diganggu cedera.

Roma dikabarkan sudah melemparkan proposal peminjaman Debuchy selama enam bulan kepada Arsenal dengan opsi penebusan senilai lima sampai enam juta euro.

Di Arsenal, Debuchy kalah bersaing dengan Hector Bellerin. Ia butuh tampil reguler demi mengamankan tempat di skuat Prancis yang berlaga di Euro 2016.