Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Valencia Ditahan Vallecano, Neville Lewati Rekor Buruk Cuper

By Verdi Hendrawan - Minggu, 17 Januari 2016 | 21:43 WIB
Gary Neville (kiri) bersama adik sekaligus asistennya, Phil Neville, saat memimpin tim Valencia menghadapi Real Madrid dalam lanjutan La Liga 2015-2016 di Estadio Mestalla, Valencia, Spanyol, pada 3 Januari 2016. (MANUEL QUIMADELOS ALONSO/GETTY IMAGES)

Valencia kembali gagal meraih kemenang pada pekan ke-20 La Liga setelah ditahan imbang 2-2 oleh Rayo Vallecano di Estadio Mestalla, Minggu (17/1/2016). Hasil ini membuat pelatih Gary Neville melewati rekor buruk milik Hector Cuper bersama Los Che.

Pada pertandingan ini, Valencia bahkan hampir saja mengalami kekalahan. Vallecano yang sempat unggul dua kali melalui gol Jozabed Sanchez pada menit ke-15 dan Diego Llorente (69'), berhasil disamakan oleh Los Che melalui Alvaro Negredo (55') dan Paco Alcacer (88').

Hasil ini membuat Neville gagal meraih kemenangan dalam enam pertandingan awalnya di La Liga. Raihan ini adalah rekor terburuk sejak 1999 yang sebelumnya dipegang oleh Hector Cuper.

Pelatih Argentina yang kini menangani tim nasional Mesir itu baru berhasil meraih kemenangan pertama pada laga keenam di la Liga.

Beberapa pelatih Valencia sebelum Neville, di antaranya Rafael Benitez, Claudio Ranieri, Quique Sanchez Flores, Unai Emery, Mauricio Pellegrino, Miroslav Djukic, hingga Nuno Espirito Santo, semuanya mampu mempersembahkan kemenangan dalam lima laga perdana mereka.  

Sejauh ini, Neville baru mampu mempersembahkan kemenangan bagi Valencia yang semuanya terjadi di kompetisi Copa del Rey. Mantan bek Manchester United itu sukses mengantarkan Los Che lolos ke babak perempat final dengan menyingkirkan Granada dengan aggregate 7-0.

Hal ini juga membuat keinginan para petinggi klub yang memecat Nuno Santo dan menggantikannya dengan Neville dengan harapan untuk bisa mendekatkan Valencia ke zona Liga Champions semakin berat.

Tim Kelelawar Mestalla kini duduk di posisi ke-10 dengan raihan 24 poin dan masih bisa tergeser satu peringkat ke peringkat 11.