Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Li Yongbo: Lin Dan Jadi Jaminan Emas Olimpiade

By Rabu, 6 Januari 2016 | 20:44 WIB
Pebulu tangkis China, Lin Dan, tampil di Kejuaraan Dunia 2015 yang berlangsung di Jakarta, 14 Agustus 2015. (FERNANDO RANDY/BOLA)

Pelatih kepala timnas bulu tangkis China, Li Yongbo, optimistis bahwa Lin Dan akan menjadi jaminan emas pada Olimpiade Rio 2016.

"Lin Dan adalah pemain yang sudah memiliki 19 gelar juara (termasuk Olimpiade, Kejuaraan Dunia, Piala Thomas dan Piala Sudirman). Dia menjadi andalan kami, bahkan ketika sedang ada pada momen kritis," kata Li Yongbo di sela-sela acara komersial di Shanghai, beberapa waktu lalu.

Lin Dan bersama pemain yang saat ini menempati peringkat satu dunia, Chen Long, diharapkan bisa meraih medali emas Olimpiade.

Namun, di usia yang telah memasuki 32 tahun, pebulu tangkis yang mendapat julukan Super Dan itu butuh waktu untuk mengembalikan performanya menuju Olimpiade.

"Saya harap Lin Dan dapat kembali merebut Piala Thomas. Saya juga ingin dia bersama Cheng Long kembali sukses meraih medali di Olimpiade," ucap Li Yongbo.

Lin Dan sudah dua kali meraih medali emas Olimpiade, pada 2008 di Beijing dan 2012 di London. Dia berhak atas medali tersebut setelah mengalahkan pebulu tangkis Malaysia, Lee Chong Wei, pada babak final.