Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rekor-rekor Negatif Manchester United Saat Dikalahkan Stoke

By Verdi Hendrawan - Sabtu, 26 Desember 2015 | 22:50 WIB
Ekspesi kekecewaan Louis van Gaal saat Manchester United dikalahkan Stoke City dengan skor 0-2 pada lanjutan Premier League 2015-2016 di Britannia Stadium, Stoke on Trent, Inggris, pada Sabtu (26/12/2015). (DAVE THOMPSON/GETTY IMAGES)

 Manchester United dikalahkan Stoke City dengan skor 0-2 pada lanjutan Premier League 2015-2016 pekan ke-18 di Britannia Stadium pada Sabtu (26/12/2015). Kelahan pada laga bertajuk Boxing Day tersebut membuat Setan Merah mencatatkan beberapa rekor buruk.

Stoke berhasil menang berkat gol dari Bojan Krkic dan Marko Arnautovic. Padahal di sepanjang pertandingan, tim arahan Manajer Louis van Gaal itu lebih banyak memiliki peluang dan penguasaan bola.

Di sepanjang laga, United memiliki enam peluang tepat sasaran, tetapi gagal mencetak gol. Sedangkan Stoke yang hanya memiliki tiga tempakan on target mampu membukukan dua gol.

Hal ini menjadi pukulan telak bagi United, terutama lini pertahanan. Pasalnya sebelum pertandingan berlangsung, Stoke adalah tim yang memiliki persentase terburuk dalam mengkonversi peluang menjadi gol di Premier League hingga pekan ke-17 pada musim ini dengan 9,7 persen.

Kekalahan ini juga membuat United mengakhiri rekor kemenangan beruntun mereka di setiap laga bertajuk boxing day. Sebelumnya United selalu mampu meraih kemenangan dalam 12 pertandingan terakhir sejak dikalahkan oleh Middlesbrough dengan skor 1-3 pada 2002 di Riverside Stadium.

Selain itu, kekalahan ini menjadi yang keempat secara beruntun dirasakan oleh United di semua ajang kompetitif. Sebelum laga kontra Stoke, Setan Merah mengalami kekalahandari Wolfsburg, Bournemouth, dan Norwich City.

Terakhir kali torehan buruk ini terjadi pada musim 1961-1962. Kala itu, Setan Merah yang masih ditangani oleh Sir Matt Busby mengalami kekalahan dari Birmingham City, Arsenal, Bolton Wanderers, dan Sheffield Wednesday.

Torehan buruk United lainnya setelah pertandingan ini adalah dua gol yang dicetak Stoke membuat United selalu kebobolan dua gol atau lebih dalam tiga pertandingan terakhir mereka di Premier League. Terakhir kali hal ini terjadi pada September 2010.

[video]https://video.kompas.com/e/4676252427001_ackom_pballball[/video]