Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

FIFA Ballon d’Or 2015, Messi Disebut Paling Pantas

By Minggu, 10 Januari 2016 | 18:45 WIB
Maskot Barcelona, Lionel Messi, beraksi dalam pertandingan La Liga kontra Deportivo La Coruna di Stadion Camp Nou, Barcelona, Spanyol, 12 Desember 2015. (ALEX CAPARROS/GETTY IMAGES)

Pemenang FIFA Ballon d'Or 2015 akan diumumkan pada Senin, 11 Januari 2016, di Zurich, Swiss. Siapa yang bakal menyandang gelar bergengsi tersebut?

Kandidat penghargaan pesepak bola terbaik di muka bumi itu adalah sang mesin gol, si pendatang baru, atau wajah lawas yang menjadi tulang punggung Barcelona dalam meraih titel Liga Champion, La Liga, dan Copa del Rey 2014-15.

Untuk pertama kali, Neymar dinominasikan sebagai calon peraih penghargaan Pesepak Bola Terbaik Dunia.

Penyerang berusia 23 tahun milik Barcelona itu bakal bersaing melawan dua "seniornya", yaitu Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Statistik menunjukkan, Ronaldo berada di urutan teratas dalam urusan membobol gawang lawan. Selama 12 bulan, ujung tombak milik Real Madrid itu mampu mengemas 57 gol.

Hanya, gelontoran gol CR7 tak mampu menghasilkan satu gelar pun bagi klubnya. Madrid mengakhiri kompetisi 2014-15 dengan tangan hampa.

Di sisi lain, Messi hanya mampu mencetak 52 gol sepanjang 2015 merujuk pada data yang dimuat situs ESPNFC. Sebagai kompensasi, penyerang asal Argentina ini sukses menyumbangkan sederet gelar bergengsi bagi Barcelona.

Trofi Liga Champions, La Liga, dan Copa del Rey 2014-15, plus titel Piala Super Eropa serta Piala Dunia Klub berada dalam genggaman kubu Blaugrana berkat andil Messi. Di level internasional, Messi mampu membawa Argentina menjadi runner-up Copa America 2015.

Seperti halnya Messi, Neymar juga berhasil membawa Barcelona meraih titel krusial sepanjang musim lalu. Namun, harus diakui Neymar masih sulit untuk keluar dari bayang-bayang Sang Mesias, Lionel Messi.

Di antara ketiga kandidat peraih penghargaan FIFA Ballon d'Or 2015, Messi sepertinya memiliki keunggulan paling komplet.