Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

6 Kiper yang Menginspirasi Petr Cech

By Septian Tambunan - Rabu, 30 Desember 2015 | 22:19 WIB
Kiper Arsenal, Petr Cech, saat berlaga kontra West Bromwich Albion di Stadion The Hawthorns, 21 November 2015. (LAURENCE GRIFFITHS/GETTY IMAGES)

Penjaga gawang Arsenal, Petr Cech (33), mengungkapkan ada enam kiper yang telah menginspirasi dia hingga akhirnya dapat menjadi pemecah rekor clean sheet dalam ajang Premier League dengan catatan 170 kali tak kebobolan.

Petr Cech belajar dari sosok terbaik di bawah mistar, seperti Oliver Kahn (46), Santiago Canizares (46), Peter Schmeichel (52), Edwin van der Sar (45), Iker Casillas (34), dan Gianluigi Buffon (37).

"Ketika masih kecil, saya tidak punya satu pun kiper idola. Saya menonton semua pertandingan sampai menyadari ada begitu banyak penjaga gawang yang memiliki nilai lebih," kata eks penggawa Chelsea itu dalam laman The Mirror, Selasa (29/12/2015).

Cech mulai menceritakan tentang Kahn, Canizares, Schmeichel, dan Van der Sar.

"Oliver Kahn dan tekadnya. Schmeichel dan kehadirannya secara penuh di atas lapangan. Canizares, Anda bisa melihat konsentrasi dan fokus pada matanya," tutur peraih Chelsea Player of the Year pada musim 2010-2011 itu.

"Kemudian muncul Van der Sar, yang mulai bermain di Ajax Amsterdam sebagai libero dan Anda tidak pernah melihat itu sebelumnya," ucapnya lagi.

[video]https://video.kompas.com/e/4678061611001_ackom_pballball[/video]

Cech menjelaskan lebih jauh bahwa Van der Sar membuat orang-orang kemudian berpikir bahwa kiper bukan hanya ada untuk menyelamatkan bola.

Kiper terbaik Ligue 1 2003-2004 itu juga membahas Casillas dan Buffon.

"Kemudian, Anda melihat Casillas dan Buffon yang bermain ketika mereka benar-benar muda. Iker hanya satu tahun lebih tua dari saya dan hal itu membuat saya berpikir jika dia bisa bermain untuk Real Madrid pada usia 18 tahun, mengapa saya tidak bisa?" ujar Cech.