Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rony Gunawan: IBL 2016 Bakal Lebih Berat

By Ade Jayadireja - Kamis, 7 Januari 2016 | 17:41 WIB
Center Satria Muda, Rony Gunawan (32), dalam laga kontra CLS pada 14 April 2015 (SUCI RAHAYU/JUARA.NET)

Pemain senior Satria Muda Pertamina, Rony Gunawan, memprediksi timnya akan menghadapi tantangan berat dalam mempertahankan gelar di Indonesia Basketball League (IBL) musim 2016.

Rony sadar bahwa status juara bertahan akan membuat SM menjadi target untuk dikalahkan bagi tim lain. Meski demikian, ia optimistis timnya bisa menghadapi tantangan berat musim ini.

SM akan mengawali kompetisi tahun ini dengan menghadapi Aspac M88 pada hari perdana seri pertama di Jakarta, Sabtu (9/1/2016). Laga sarat gengsi tersebut berlangsung di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

"Sebagai juara bertahan, tim lain tentu ingin mengalahkan kami. Tahun ini pasti lebih berat," tutur pebasket kelahiran Samarinda itu.

"Kami berusaha untuk tetap optimistis. Kalau pelatih yakin, kenapa pemain tidak?" kata Rony.

Sesuai dengan kesepakatan PP Perbasi dan Starting Five selaku operator IBL, seluruh peserta diizikan memakai jasa 2-3 legiun asing untuk masing-masing tim. Namun, SM lebih memilih mengandalkan pemain tanah Air.

"Ada beberapa tim yang diperkuat pemain asing, salah satunya Pelita Jaya. Kendati demikian, kami tetap otimistis," ucap Rony.

[video]https://video.kompas.com/e/4687728581001_ackom_pballball[/video]