Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Juru Selamat Milan Cuma Balotelli

By Kamis, 7 Januari 2016 | 19:05 WIB
Mario Balotelli, ketika membela Milan menghadapi Genoa pada 27 September 2015. (VALERIO PENNICINO/GETTY IMAGES)

Langkah Milan menuju zona Liga Champions kian berat usai mereka kalah 0-1 dari Bologna pada pekan ke-18 Serie A 2015-16. Milan butuh juru selamat dan sosok itu dipercaya adalah Mario Balotelli!

Milan kini dipisahkan 10 angka dengan Napoli yang mengokupasi peringkat tiga klasemen Serie A. Bisakah Balotelli yang baru pulih dari cedera memangkas jarak cukup lebar itu?

Jawabannya adalah "ya" jika pertanyaan tersebut dilemparkan kepada pelatih senior Italia, Emiliano Mondonico (68 tahun).

"Sekarang, satu-satunya orang yang bisa menolong Milan adalah Balotelli. Fokus kepada dia dan beban pemain lain akan terangkat," ujar Mondonico di Telenova.

Gerak-gerik Balotelli yang kerap memicu kontroversi memang menjadi magnet kuat bagi awak pers. Ia juga punya nyali untuk mengambil risiko seperti menembak atau mendribel, hal yang kini jarang dilakukan pemain Milan lain.

Selain tentang Balotelli, Mondonico juga punya saran lain buat Milan.

"Andai menangani Milan, saya akan memainkan formasi 4-4-1-1 atau 4-1-4-1. Mereka butuh keseimbangan dan proteksi di lini pertahanan," tutur Mondonico.

Selama ini, Milan memang belum sepenuhnya menjajal saran Mondonico. Balotelli jarang dimainkan karena terkendala cedera. Terkait formasi, pelatih Milan, Sinisa Mihajlovic, baru mencoba 4-3-1-2, 4-3-3, dan 4-4-2.