Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Legenda Brasil Ini Mengatakan bahwa Messi Lebih Lengkap dari Ronaldo

By Tulus Muliawan - Selasa, 29 Desember 2015 | 18:23 WIB
Penyerang Barcelona, Lionel Messi, melakukan selebrasi usai membobol gawang Real Madrid dalam duel bertajuk El Clasico di Stadion Santiago Bernabeu pada 23 Maret 2014. (GONZALO AROYO MORENO/GETTY IMAGES)

Tak mudah menjawab pertanyaan siapa yang lebih hebat antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Hal itu juga dirasakan pemain legendaris Brasil, Ronaldo Nazario de Lima.

Meski sempat bingung menjawabnya, Ronaldo menilai bahwa Messi lebih baik dari CR7. Menurut pria berusia 39 tahun itu, Messi punya kelebihan yang tak dimiliki seorang CR7.

"Saya memilih Messi. Saya lihat Messi lebih lengkap dari Ronaldo. Dia melakukan sesuatu dengan cara yang luar biasa," tutur eks penyerang Milan, Real Madrid, dan Barcelona itu.

Rivalitas CR7 dan Messi selalu diperbincangkan para pecinta sepak bola dunia sejak keduanya berbagi arena bertanding di Liga Spanyol. Keduanya juga bersaing meraih gelar Ballon d'Or.

Sejauh ini, CR7 sudah meraih tiga gelar yang ia dapat pada 2008, 2013, dan 2014. Sementara itu, Messi meraih empat gelar secara beruntun pada 2009, 2010, 2011, dan 2012.

Dalam film dokumenter berjudul Ronaldo (2015), CR7 menegaskan bahwa dirinya tak dapat bersaing dengan Messi. Ia hanya berjuang menampilkan performa terbaik setiap pertandingan.

"Saya menganggap dia sebagai manusia biasa, sebagai teman, bukan sebagai rival. Rivalitas (antara Ronaldo dan Messi) ini dibentuk oleh media," tutur CR7 dalam film dokumenter tersebut.