Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Profil 4 Stadion untuk Gelar Piala Gubernur Kaltim

By Persiana Galih - Kamis, 7 Januari 2016 | 02:06 WIB
Ketua Panitia Piala Gubernur Kaltim, Zuhdi Yahya, menggelar Tournament Workshop di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, Rabu (6/1/2016). (FERNANDO RANDY/JUARA.net)

Turnamen Piala Gubernur Kaltim akan digelar selama satu bulan, dari 6 Februari hingga 6 Maret 2016 mendatang. Ketua Panitia Piala Gubernur Kaltim, Zuhdi Yahya, mengatakan turnamen ini akan digelar di empat stadion sekitar Provinsi Kalimantan Timur.

"Kalau ditanya olah raga, Kalimantan Timur pasti menjadi provinsi yang spesial. Di provinsi ini ada tiga tim LSI, dengan basis suporter yang cukup banyak. Kami pun pernah menggelar PON pada 2008 silam, dan dapat dibilang sukses," kata Zuhdi, saat menggelar jumpa pers di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, Rabu (6/1/2016) malam.

Tiga di antara empat stadion tersebut merupakan markas tim-tim LSI seperti Pusamania Borneo FC, Mitra Kukar, dan Persiba Balikpapan. Berikut profil keempat stadion yang akan menjadi saksi digelarnya Piala Gubernur Kaltim:

1. Stadion Utama Palaran

Stadion ini memiliki kapasitas 50.000 orang. Menurut Zuhdi, stadion ini dibangun oleh pemerintah saat Kaltim menjadi tuan rumah PON pada 2008 silam.

"Stadion ini dibuka presiden, dan ditutup wakil presiden," tutur dia.

Dana pembuatan stadion yang terletak di Palaran, Samarinda, Kalimantan Timur ini mencapai Rp 800 miliar. Pekerjaan untuk membangun stadion ini dipercayakan pada Arsitek Dr Ir I Gusti Ngurah Antaryama, dan sekelompok dosen Institut Teknologi Sepuluh November.

Selain itu stadion ini pernah dipercaya PSSI untuk menggelar babak final dan 8 besar Divisi Utama Liga Indonesia 2008. Pada Piala Gubernur Kaltim, stadion ini dipastikan menjadi lokasio pembukaan dan penutupan turnamen.

2. Stadion Segiri Samarinda

Stadion berkapasitas 18.000 orang ini dibangun pada 1960-1970. Meski bisa dibilang stadion tua, infrastruktur stadion ini pernah direnovasi pada 2008 karena Kalimantan Timur dipercaya sebagai tuan rumah PON ke-17.

Saat ini, stadion Segiri dipakai sebagai kandang Pusamania Borneo FC. Letaknya, sekitar 121 kilometer dari pusat kota Balikpapan.

"Butuh tiga jam menempuh jalur darat jika hendak menuju stadion ini dari pusat kota Balikpapan," kata Zuhdi.

3. Stadion Aji Imbut Tenggarong

Stadion berkapasitas 35.000 orang ini merupakan markas dari kesebelasan Mitra Kukar. Stadion yang dibangun pada 2008 sebagai sarana olah raga untuk PON ke-17 ini terletak di desa Perjiwa, Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara.

Sebelum bernama Stadion Aji Imbut, lokasi ini disebut sebagai Stadion Madya Tenggarong atau Stadion Kudungga. Pada 28 maret 2011, Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak mengubah stadion ini dengan nama GOR Aji Imbut.

Menurut Zuhdi, stadion ini berjarak 90 kilometer dari pusat kota Balikpapan. "Butuh waktu sekitar tiga jam dari Balikpapan lewat jalur darat," tuturnya.

4. Stadion Persiba Balikpapan

Stadion ini memiliki kapasitas lebih kecil daripada tiga stadion sebelumnya, yakni 10.000 penonton. Gelanggang olah raga ini menjadi markas dari kesebelasan Persiba Balikpapan.

Kini, stadion ini tengah mengalami renovasi untuk mendukung kemulusan langkah Persiba di LSI. Nantinya, stadion ini dapat menampung sekitar 15.000 orang.