Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Luca Toni Belum Berpikir untuk Kembali Perkuat Timnas Italia

By Verdi Hendrawan - Kamis, 31 Desember 2015 | 10:04 WIB
Luca Toni saat membela Hellas Verona menghadapi Sassuolo dalam lanjutan Serie A 2015-2016 di Stadio Marc'Antonio Bentegodi, Verona, Italia, pada 20 Desember 2015. (DINO PANATO/GETTY IMAGES)

Striker Hellas Verona, Luca Toni, mengaku belum memikirkan tentang peluangnya kembali memperkuat tim nasional Italia di Piala Eropa 2016.

Toni sudah tidak pernah lagi menerima panggilan dan tampil membela timnas Italia sejak Gli Azzurri ditahan imbang oleh Bulgaria di babak kualifikasi Piala Dunia 2010 pada 12 Oktober 2008. Meskipun saat itu pemainberusia 38 tahun tersebut masih menjadi andalan Bayern Muenchen.

Namun, penampilannya yang cukup konsisten dan tajam sejak membela Verona pada awal musim 2013-2014 telah kembali membuka peluang Toni tampil bersama timnas Italia. Bahkan musim lalu pemain asli binaan Modena itu mampu menjadi pemuncak daftar pemain tersubur Serie A bersama Mauro Icardi dengan 22 gol.

Namun, Toni mengaku belum mulai berpikir tentang hal itu. Ia masih ingin fokus menyelamatkan Verona yang hingga pekan ke-17 masih berada di dasar klasemen untuk terhindar dari ancaman degradasi pada akhir musim.

"Tim nasional?. Harapan terbesar saya saat ini adalah untuk memastikan keselamatan Verona, jadi kita lihat saja nanti. Tentunya jika nanti tidak dipanggil, saya akan tetap memberikan dukungan untuk tim nasional," kata Toni kepada Sky Italia.

Hingga pekan ke-17, Toni juga baru mencetak tiga gol dan membuat Verona belum mampu memenangi satu pertandingan pun di Serie A musim ini. Namun, Toni tetap optimistis bisa menyelamatkan I Butei.

"Kami memiliki begitu banyak antusiasme. Kami harus terus mencoba menyelamatkan diri. Mari kita lihat apakah nanti ada pemain yang akan muncul menjadi penyelamat kami atau tidak," ucap pemain berusia 38 tahun itu.