Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Frontzeck Mundur, Thomas Schaaf Ambil Alih Hannover?

By Wieta Rachmatia - Selasa, 22 Desember 2015 | 08:30 WIB
Thomas Schaaf, saat mendampingi Werder Bremen tampil di Liga Champions pada November 2010. (SCOTT HEAVEY/GETTY IMAGES)

Gagal mengeluarkan Hannover dari zona degradasi, Michael Frontzeck memilih untuk melepaskan jabatannya sebagai pelatih. Kabar terkini menyebut Thomas Schaaf sebagai salah satu kandidat utama pengganti Frontzeck.

Frontzeck resmi mundur dari kursi kepelatihan Hannover setelah pasukannya kalah 0-1 dari Bayern Muenchen dalam laga pekan ke-17 Bundesliga 2015-2016 di AWD Arena (19/12/2015).

Hingga jeda musim dingin, Hannover masih tertahan di posisi 17 klasemen sementara Liga Jerman dengan hanya mengumpulkan 14 poin dari empat kemenangan dan dua hasil imbang.

"Dengan pemikiran matang dan banyak melakukan diskusi, saya mencapai kesimpulan bahwa tugas saya bersama Hannover harus diakhiri. Saat ini, saya tidak merasakan adanya rasa kepercayaan untuk berjuang keluar dari zona degradasi," ungkap Frontzeck seperti dilansir situs Bild.

"Saya berharap Hannover, seluruh tim, dan para suporter yang begitu antusias mampu melewati paruh kedua kompetisi dan terhindar dari degradasi," kata arsitek tim berusia 51 tahun itu.

Hingga kini, Hannover belum memutuskan siapa pengganti Frontzeck. Namun nama Schaaf berada di urutan teratas calon pelatih baru Hannover.

Berusia 54 tahun, Schaaf saat ini berstatus tanpa klub. Sepanjang karier kepelatihannya, Schaaf sempat sukses membawa Werder Bremen ke jajaran klub papan atas Jerman.

Mantan pemain bertahan ini dipercaya menangani Bremen sejak 1999 dan mengundurkan diri pada Mei 2013. Schaaf sempat didaulat sebagai pelatih Eintracht Frankfurt selama satu tahun pada 21 Mei 2014 hingga 26 Mei 2015.

Di bawah arahannya, Frankfurt mencatat 12 kemenangan, 10 hasil imbang, plus 14 kekalahan.