Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Menanti Keajaiban Seorang Maestro Calcio

By Minggu, 20 Desember 2015 | 12:09 WIB
Pelatih Hellas Verona, Luigi Delneri, memberikan arahan kepada pemainnya saat melawan Empoli di Stadion Marc'Antonio Bentegodi, Verona, 6 Desember 2015. (MARCO LUZZANI/GETTY IMAGES)

Pelajaran-pelajaran soal taktik dari Luigi Delneri menghilang di kompetisi sepak bola Italia. Namun, il maestro di calcio alias sang maestro sepak bola tersebut telah kembali untuk memberikan pelajaran kepada tim-tim Serie A.

Ulasan tersebut ditulis Matteo Dotto di situs Sport Mediaset setelah laga pekan ke-16 Serie A pada Minggu (13/12/2015) berakhir.

Salah satu yang disorot Dotto ialah keberhasilan Gigi Delneri bersama Hellas Verona menahan AC Milan di San Siro dengan skor 1-1.

"Delneri Maestro" dan "Selamat Datang Kembali, Pelatih" merupakan judul serta subjudul yang ditulis Dotto.

Verona memang tidak menang, tetapi hasil kerja Delneri mendapat apresiasi.

Pujian itu wajar mengingat Delneri baru beberapa pekan melatih Verona dan klub berjulukan Gialloblu (Kuning-Biru) itu kehilangan beberapa pemain penting di San Siro.

[video]https://video.kompas.com/e/4659672038001_ackom_pballball[/video]

Ya, Delneri baru membesut Verona pada 1 Desember. Ia menggantikan Andrea Mandorlini.

Misi buat pelatih berusia 65 tahun itu berat, yakni menyelamatkan Verona dari ancaman degradasi.

Misi tersebut sampai disebut sebuah keajaiban jika terwujud. Sebab, sampai sebelum Delneri datang, Gialloblu berada di dasar klasemen. Verona juga menjadi satu-satunya tim Serie A yang belum meraih kemenangan pada musim ini.