Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Cristiano Ronaldo: Saya Terinspirasi Diri Sendiri

By Septian Tambunan - Minggu, 3 Januari 2016 | 06:51 WIB
Cristiano Ronaldo merayakan gol yang dia cetak untuk Portugal dalam pertandingan grup B Euro 2012 kontra Belanda di Stadion Metalist, Kharkov, Ukraina, 17 Juni 2012. (LARS BARON/GETTY IMAGES)

Superstar Real Madrid, Cristiano Ronaldo (30), mengutarakan bahwa sumber utama inspirasinya dalam proses menjadi pemain terbaik di dunia adalah diri sendiri.

"Sebagian besar dari waktu yang ada, saya terinspirasi oleh diri saya sendiri," kata Ronaldo kepada Unscriptd.

Peraih tiga kali gelar Ballon d'Or itu mengatakan dirinya tidak pernah memerlukan seorang tokoh untuk dijadikan idola semasa bertumbuh dari kecil hingga dewasa.

Namun, dia sempat memilih beberapa seniornya dari tim nasional Portugal untuk dijadikan referensi, mengingat keinginan besar dari CR7 untuk membela negara kelahirannya.

"Pada usia muda, saya melihat beberapa referensi di tim nasional, misalnya, (Luis) Figo, Rui Costa, Fernando Couto. Itu menjadi sebuah impian untuk mencapai level tersebut," ujar Ronaldo.

"Di tim nasional, saya melihat mereka dan saya berbicara untuk diri saya sendiri, 'Saya ingin menjadi pemain profesional dan saya ingin bermain untuk tim nasional.' Akan tetapi, saya tidak memiliki satu orang tertentu yang saya ikuti," tutur kapten Seleccao das Quinas itu.

Ronaldo juga mengambil pelajaran dari ola raga lain di luar sepak bola. Hal ini untuk mendapatkan pembelajaran dari para pemain elite tanpa menghiraukan bidang mereka.

"Saya selalu memotivasi diri sendiri sejak awal, ketika saya masih muda sampai sekarang. Tentu saja, saya menghargai pemain lain, pemain berbakat, pemain hebat. Tidak hanya di sepak bola, tetapi olahraga lain, karena orang suka menyaksikan olahraga tertentu dari yang terbaik," kata eks ikon Manchester United itu.

"Anda harus bisa memahami bahwa Anda tidak mengetahui segalanya, sehingga orang lain dapat membantu Anda. Saya hanya memilih hal-hal terbaik dari olahraga lainnya," ucap penyandang title FIFA Puskas Award pada 2009 itu.