Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Mourinho Tidak Menerima Pesangon Sebesar 40 Juta Pound

By Verdi Hendrawan - Jumat, 18 Desember 2015 | 01:11 WIB
Jose Mourinho, untuk kedua kali dipecat oleh Chelsea FC. (BEN STANSALL / AFP)

Jose Mourinho dikabarkan mendapat pesangon sebesar 40 juta pound (Rp 834 miliar) setelah dicopot dari jabatannya sebagai manajer tim Chelsea. Namun, kabar tersebut kini telah mendapat bantahan.

Mourinho dipecat manajemen klub sebagai manajer tim setelah hanya mampu membawa Chelsea berada di posisi ke-16 hingga pekan ke-16 Premier League. Bahkan The Blues hanya unggul satu poin dari Norwich City yang berada di zona degradasi.

[video]https://video.kompas.com/e/4661359478001_ackom_pballball[/video]

Mourinho baru menandatangani kontrak baru berdurasi empat musim bersama Chelsea pada Agustus 2015. Manajer berusia 52 tahun itu memiliki gaji sebesar 12 juta pound per musim.

Menurut editor BBC Sports, Dan Roan, Mourinho tidak akan menerima uang pesangon sebesar 40 juta pound seperti yang dikabarkan banyak media. Manajer asal Portugal itu hanya akan mendapat sisa dari gaji tahunannya yang akan dibayarkan secara bertahap hingga akhir musim.

"Jose Mourinho melakukan pertemuan dengan dengan klub sekitar pukul 14:30 GMT setelah ia diberitahu bahwa masa-masa terakhirnya di Chelsea telah datang," tulis Roan di BBC.

"Dia tidak akan mendapat kompensasi sebesar 40 juta pound seperti yang telah dispekulasikan. Pemahaman saya adalah Mourinho hanya akan menerima sisa dari total gaji tahunannya sebesar 12 juta pound hingga akhir musim ini."

Jika hal ini benar, artinya Mourinho tidak benar-benar dipecat oleh Chelsea. Kontraknya akan tetap berlaku, hanya saja mantan pelatih Inter Milan dan Real Madrid itu tidak lagi dipercaya klub mengemban jabatan sebagai manajer tim.