Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Barcelona Lampaui Madrid, Suarez Salip Neymar dan Ronaldo

By Anju Christian Silaban - Kamis, 31 Desember 2015 | 04:31 WIB
Striker Barcelona, Luis Suarez, merayakan gol pertama timnya ke gawang Real Betis pada lanjutan La Liga di Stadion Camp Nou, Rabu (30/12/2015). Gol ini tercipta berkat kesalahan Heiko Westermann. (David Ramos/Getty Images)

Barcelona menutup tahun dengan kemenangan 4-0 atas Real Betis pada lanjutan La Liga di Stadion Camp Nou, Rabu (30/12/2015). Dengan tambahan empat gol, Barcelona sekaligus mematahkan rekor Real Madrid.

Tim asuhan Luis Enrique menjadi tim La Liga paling produktif dalam kalender satu tahun dengan catatan 180 gol. Sebelumnya, predikat tersebut dipegang oleh Madrid yang mencetak 178 gol pada 2014.

Tambahan dua gol juga mengantarkan Luis Suarez sebagai pemuncak daftar pencetak gol terbanyak sementara La Liga. Suarez mengoleksi 14 gol atau unggul satu atas Neymar dan Cristiano Ronaldo.

Dalam pertandingan ini, Barcelona unggul jauh menilik jumlah peluang. Menurut catatan Liga BBVA, mereka melepaskan tujuh tembakan ke arah gawang dari 16 percobaan. Adapun Betis melakukan empat tendangan tepat sasaran dari sebelas usaha.

Akan tetapi, Barcelona harus menunggu hingga menit ke-29 untuk membuka skor. Mereka mendapatkan hadiah penalti setelah Juan Vargas melanggar Lionel Messi di kotak terlarang.

Bola sepakan Neymar sempat membentur mistar, tetapi usaha Heiko Westermann untuk menyapu bola malah mengarah ke gawang sendiri.

Empat menit berselang, Neymar menebus kegagalannya dengan memberikan assist untuk Messi. Messi melanjutkan dengan tembakan jarak dekat yang gagal dihalau oleh Alberto Adan.

Ini menjadi gol ke-425 Messi dalam 500 penampilan bersama Barcelona. Dia juga sudah mencetak 14 gol dalam 14 pertemuan melawan Betis.


Bintang Barcelona, Lionel Messi (10), merayakan golnya ke gawang Real Betis pada lanjutan La Liga di Stadion Camp Nou, Rabu (30/12/2015). Ini menjadi gol ke-425 Messi dalam 150 penampilan bersama La Blaugrana.(PAU BARRENA / AFP)

Barcelona tak lantas mengendurkan serangan meski unggul dua gol. Saat babak kedua baru berjalan satu menit, Luis Suarez mencetak gol lewat tembakan ke pojok kiri bawah gawang Betis.