Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Target Tim Piala Thomas dan Uber Indonesia pada Kualifikasi di India

By Kamis, 7 Januari 2016 | 21:12 WIB
Wakil Sekjen PP PBSI, Achmad Budiharto, sedang memberikan penjelasan persiapan Tim Thomas Uber Indonesia yang akan mengikuti kualifikasi di Hyderabad, India di Pelatnas Cipayung, Jakarta, Kamis (7/1/2016). (BADMINTON INDONESIA)

Tim Piala Thomas Uber Indonesia ditargetkan lolos ke semifinal pada kualifikasi zona Asia yang akan digelar di Hyderabad, India pada 15-21 Februari mendatang.

"Target kami tentunya ingin lolos ke putaran final dengan target realistis semifinal untuk tim Thomas. Jika berhasil melaju ke final adalah bonus. Untuk tim Uber target realistisnya adalah masuk delapan besar," kata Wakil Sekjen PP PBSI, Achmad Budiharto di pelatnas Cipayung, Jakarta, Kamis (7/1/2016).

Pada kualifikasi Piala Thomas Uber ada dua tujuan yang hendak dicapai oleh setiap negara peserta, yaitu mengumpulkan poin untuk Olimpiade dan memperebutkan tempat untuk lolos ke putaran final Thomas Uber pada 15-22 Mei mendatang.

"Indonesia sudah membuat persiapan khusus dan mulai berlatih bersama pada 11 Januari mendatang karena ada sebagian pemain yang berangkat ke turnamen Thailand Terbuka. Tim baru berangkat ke India pada 10 Februari," ucap Budi, sapaan akrab Achmad Budiharto.

"Kami ingin tim Piala Thomas Uber lolos ke putaran final karena hasil kualifikasi zona Asia akan menentukan posisi unggulan," tutur Budi.

Adapun penutupan pendaftaran peserta kualifikasi zona Asia di Hyderabad adalah 12 Januari mendatang.

"Tetapi, kami sudah punya bayangan siapa calon lawan. Jepang dan China sebagai juara bertahan Piala Thomas Uber akan turut serta karena mereka juga ingin mengumpulkan poin Olimpiade," kata Budi yang menjadi Chef de Mission (CdM) tim kualifikasi Piala Thomas Uber.

"Sebagai gambaran sebagai juara Thailand Grand Prix setiap pemenang akan mendapat 7000 poin. Jika tampil sekali di kualifikasi para pemaon akan mendapat tambahan 8000 poin ditambah 10 persen," ucap Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PP PBSI, Rexy Mainaky menambahkan.

Kualifikasi Piala Thomas Uber zona Asia akan diikuti 16 negara yang dibagi ke dalam empat grup. Juara dan runner-up lolos ke babak delapan besar kemudian diundi lagi untuk menjalani fase gugur.

Nantinya, akan dipilih enam negara untuk tampil pada putaran final. Untuk tim Thomas bisa tujuh negara yang akan diambil jika tim terbawah zona Asia bisa mengalahkan tim paling bawah pada zona Eropa.

Pada tim Uber jumlah pesertanya lebih sedikit, yaitu 12 tim dengan kuota tim yang lolos sama dengan Piala Thomas sebanyak enam tim.