Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Deretan Pebulu Tangkis Dunia yang Gantung Raket pada Akhir 2015

By Rabu, 16 Desember 2015 | 18:14 WIB
Pebulu tangkis ganda putri China, Wang Xiaoli (kiri)/Yu yang mengembalikan kok dari pemain Inggris, Heather Olver/Lauren Smith, pada Kejuaraan Dunia 2015 di Jakarta, 12 Agustus 2015. (ROBERTUS PUDYANTO/GETTY IMAGES)

Empat pebulu tangkis menyatakan pensiun dalam waktu berdekatan. Saat masih aktif, mereka pernah berada di peringkat 10 besar dunia.

Wang Xiaoli merupakan pemain terakhir yang menyatakan pensiun. Pemain ganda putri China tersebut pensiun karena cedera siku kanannya tak kunjung pulih.

Tiga hari sebelumnya, pemain ganda putra Inggris, Andy Ellis, memutuskan pensiun. Ellis pernah berpasangan dengan Chris Adcock pada November 2013-Mei 2014. 

Keputusan Ellis pensiun diumumkan pada Jumat (11/12/2015), dua hari sebelum Adcock membuat sejarah untuk Inggris dengan menjadi juara BWF Superseries Finals di Dubai bersama istrinya, Gabrielle Adcock.

"Ini keputusan terberat dalam hidup saya. Namun, ada yang harus berubah dalam hidup, dan itu hal yang lumrah," kata Ellis.

Sepekan sebelumnya, pebulu tangkis Indonesia spesialis ganda, Vita Marissa, mengumumkan lewat akun instagramnya tentang keputusannya untuk gantung raket.

"Sudah 28 tahun, sejak pertama kali saya memegang raket, rasanya sulit untuk melepasnya. Saya tidak mau bersedih karena, saya percaya bulu tangkis adalah hidup saya dan rumah saya," ucap Vita.

Pemain tunggal putri Indonesia, Adriyanti Firdasari, juga memutuskan gantung raket setelah gagal mempertahankan gelar pada turnamen Indonesian Masters di Malang, 1-6 Desember. Firda telah berkecimpung di bulu tangkis selama 20 tahun.