Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Louis van Gaal Dianggap Tak Mengerti Sepak Bola Inggris

By Ade Jayadireja - Kamis, 24 Desember 2015 | 16:36 WIB
Pelatih Man United, Louis van Gaal, meninggalkan lapangan setelah kekalahan 1-2 kontra Norwich di Old Trafford pada 19 Desember 2015 di Old Trafford. (ALEX LIVESEY/GETTY IMAGES)

Kritik dilontarkan mantan bintang Manchester United, Andrei Kanschelskis, kepada Louis van Gaal. Ia menyebut LvG tak paham dengan sepak bola Inggris.

United memang klub Inggris pertama yang ditangani Van Gaal. Di bawah kendali pria asal Belanda itu, Setan Merah terpeleset ke posisi ke-5 klasemen Premier League 2015-2016 setelah melawati 17 pertandingan.

Padahal, sang pelatih telah membelanjakan lebih dari 250 juta pounds sejak datang ke Old Trafford dua musim lalu.

Man United juga gagal memenangi enam laga terakhir di semua ajang. Diakui Kanchelskis, hal tersebut membuatnya kecewa.

Baca juga: Rumor Pemecatan Bikin Van Gaal Merajuk Saat Konferensi Pers

"Saya kecewa dengan perjalanan United. Saya tidak berpikir Van Gaal mengerti sepak bola Inggris," tutur mantan winger yang mempersembahkan dua titel Liga Inggris dan satu gelar Piala FA untuk United itu, seperti dilansir Daily Mail.

"Sebuah tim membutuhkan pemimpin seperti Bryan Robson, Roy Keane, dan Peter Schmeichel. Orang-orang seperti ini bisa meluruskan keadaan dan menunjukkan kualitas kepemimpinan. Namun, sang pelatih tidak menginginkan hal ini," ucap Kanchelskis.

Meski kecewa, Kanchelskis tak setuju bila United memecat Van Gaal. Ia menilai bahwa sang pelatih perlu diberikan waktu lebih lama untuk menunjukkan kemampuannya.

"Dia harus diberi waktu sampai akhir musim. Setelah itu, keputusan bisa diambil," kata anggota United periode 1991-1995 tersebut.

[video]https://video.kompas.com/e/4670793097001_ackom_pballball[/video]