Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tekuk Surabaya United 3-1, Arema dan Pusamania Lolos ke Semifinal PJS

By Verdi Hendrawan - Sabtu, 19 Desember 2015 | 21:51 WIB
Aksi Cristian Gonzales dan Alfarizi saat membela Arema Cronus menghadapi Surabaya United pada lanjutan babak 8 besar Grup E Piala Jenderal Sudirman di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pada Sabtu (19/12/2015). (SUCI RAHAYU/JUARA.net)

Arema Cronus berhasil memastikan diri lolos ke babak semifinal Piala Jenderal Sudirman (PJS) usai menekuk Surabaya United dengan skor 3-1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pada Sabtu (19/12/2015).

Sejak menit pertama, Arema lebih banyak menekan pertahanan Surabaya. Beberapa peluang berhasil dimiliki oleh I Gede Sukadana pada menit ke-11 dan Cristian Gonzales (13'), tetapi gagal berbuah hasil.

Selain peluang, Arema juga hampir saja berhasil mencetak gol akibat kesalahan para pemain bertahan Surabaya. Salah satunya seperti dilakukan oleh I Putu Gede pada menit ke-18 yang hampir membobol gawang sendiri.

Meski lebih banyak tertekan, Surabaya juga memiliki beberapa peluang seperti pada menit ke-35 melalui Slamet Nurcahyono. Tetapi, penyelesaian akhir yang masih jauh dari sempurna membuat gawang Arema cederung lebih aman sepanjang babak pertama.

Pada awal babak kedua, Arema kembali menunjukan keperkasaannya dan tampil lebih mendominasi. Akan tetapi Singo Edan sempat kesulitan untuk menembus pertahanan Surabaya.

Surabaya sempat memiliki peluang emas melalui eksekusi tendangan bebas jarak dekat melalui M Hargianto. Tetapi sepakan mantan gelandang tim nasional Indonesia U-21 itu hanya sedikit melambung di atas mistar gawang Arema.

Baru pada menit ke-63 Arema berhasil membuka keunggulan. Berawal dari kemelut dan sodoran Kiko Insa yang membentur kaki lawan, bola mengarah ke kaki Gonzales. M Sahrul yang mencoba menyapu bola justru membentur kaki Gonzales dan bola pun melambung indah masuk ke gawang Surabaya.

Tidak lama berselang, Arema langsung mampu menggandakan kedudukan. Gol kedua Singo Edan berhasil dicetak oleh Kiko memanfaatkan umpan tendangan bebas Ferry Aman Saragih pada menit ke-66.

Tertinggal 0-2 membuat para pemain Surabaya United terlihat frustrasi. Setelah peluang dari Evan Dimas melalui tendangan bebas jarak dekat gagal berbuah hasil, Surabaya semakin tertinggal dari Arema.

Sesaat setelah jeda water break, Arema berhasil mendapat penalti setelah Esteban Vizcarra dilanggar M Fatchu Rochman. Gelandang asal argentina berusia 29 tahun itu sendiri yang melakukan eksekusi tendangan 12 pas tersebut dan sukses mengubah skor menjadi 3-0 pada menit ke-76.