Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Bedah Statistik: Samsul Arif Berpeluang Besar Jadi Calon Top Scorer PJS

By Sabtu, 12 Desember 2015 | 10:20 WIB
Striker Arema, Samsul Arif, beraksi saat melawan Persipasi Bandung Raya di ajang Piala Jenderal Sudirman. (SUCI RAHAYU)

Striker Persela, Emile Mbamba, menjadi pemain tersubur di babak penyisihan grup Piala Jenderal Sudirman dengan empat gol. 

Tapi, peluang dirinya untuk menambah gol, apalagi menjadi pemain tersubur, dipastikan tertutup lantaran timnya tidak lolos.

Kini persaingan memperebutkan gelar pencetak gol terbanyak hanya dimiliki pemain dari delapan tim yang lolos.

Terlepas dari koleksi gol yang dimiliki Mbamba, ada empat nama yang sedang memuncaki daftar pencetak gol terbanyak, yakni Samsul Arif dari Arema Cronus, Sultan Samma (Pusamania Borneo FC), Rudi Widodo (Surabaya United), dan Dimas Drajat (PS TNI).

Mereka telah membukukan tiga gol.

Bila dilihat dari catatan statistik Labbola, Samsul berpeluang besar tetap di tren menuju pemain tersubur. Penampilan Arema, yang menjadi tim terofensif saat ini, plus gaya main Samsul yang pintar mencari peluang, menjadi dasar dirinya bisa terus menambah gol.

[video]https://video.kompas.com/e/4650642525001_ackom_pballball[/video]

Dari empat laga yang sudah dijalani, ia menciptakan enam peluang. Samsul pun konsisten dalam melancarkan tembakan ke arah gawang lawan.

“Sebagai striker, saya tentu ingin selalu mencetak gol. Sudah tugas saya,” kata Samsul.

"Sebagai pelatih tentu ikut senang kalau Samsul bisa terus mencetak gol. Hal itu sangat membantu untuk memenangi pertandingan," tutur Joko Susilo, pelatih Arema.