Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Channel 4 Gantikan BBC Pegang Hak Siar F1

By Tulus Muliawan - Selasa, 22 Desember 2015 | 17:14 WIB
Pebalap Toro Rosso, Carlos Sainz, menjalani sesi wawancara dengan BBC setelah kualifikasi GP Australia 2015 yang berlangsung di Sirkuit Albert Park, Melbourne, 14 Maret 2015. (PETER FOX/GETTY IMAGES)

Channel 4 resmi ditunjuk memegang hak siar televisi untuk ajang Formula 1 musim 2016 hingga 2018. Channel 4 menggantikan BBC yang mundur karena masalah finansial.

BBC mundur karena ingin menutupi kerugian mencapai 150 juta poundsterling yang didapat tahun ini. 35 juta poundsterling di antaranya datang dari divisi olahraga.

Mulai musim depan, Channel 4 akan menyiarkan secara langsung 10 seri di Formula 1. 11 seri lain akan muncul di program highlight yang tayang pada akhir pekan.

"Formula 1 adalah salah satu ajang olahraga terbesar di dunia yang selalu menarik perhatian penonton Inggris," kata Direktur Eksekutif Channel 4, David Abraham.

"Kami sangat senang dengan kesepakatan kerja sama dengan Bernie Ecclestone untuk menayangkan olahraga ini ke udara," tutur Abraham melanjutkan.

Petinggi Formula 1, Bernie Ecclestone, sangat penyayangkan mundurnya BBC. Namun, ia menyambut positif kedatangan Channel 4 sebagai pemegang hak siar yang baru.

"Saya senang karena siaran Formula 1 musim depan tidak akan diselingi iklan di tengah balapan. Saya yakin Channel 4 bisa mendapatkan hal yang lebih dari BBC."