Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Klopp Puas The Reds Puncaki Grup

By Jumat, 11 Desember 2015 | 05:51 WIB
Jurgen Klopp, saat diperkenalkan sebagai manajer anyar Liverpool FC di konfrensi pers di Anfield, Liverpool, 9 Oktober 2015. (ALEX LIVESEY/GETTY IMAGES)

Manajer Liverpool, Juergen Klopp, menilai mengaku puas timnya bisa memuncaki klasemen fase grup Liga Europa

Liverpool menutup fase grup Liga Europa dengan hasil imbang 0-0 di kandang Sion, Kamis (10/12/2015) atau Jumat dini hari WIB.

The Reds tampil sebagai juara Grup B dengan koleksi 10 poin. Sion juga lolos sebagai tim peringkat kedua dengan selisih satu poin.

"Kami ingin lolos sebagai juara grup dan berhasil memenuhinya," tutur pelatih asal Jerman itu melanjutkan.

"Beberapa pekan lalu, kami seolah cukup jauh untuk bisa memenuhi target itu. Namun, (saat fase grup berakhir) kami bisa mencapainya. Ini tentu merupakan hal bagus," ucapnya lagi.

Perjalanan Liverpool di Liga Europa memang sempat tertatih-tatih. Mereka hanya bisa bermain imbang dalam 3 pertandingan pertama dengan skor identik 1-1. Namun, The Reds kemudian bisa memenangi dua laga berikutnya.

Satu tambahan poin pada laga pamungkas di kandang Sion memantapkan status Liverpool sebagai juara grup.

"Setiap orang harus mengubah pola pikirnya tentang turnamen ini. Semua orang harus melihat turnamen ini seperti Liga Champions 'kecil'," ujar Klopp.

Soal hasil pertandingan melawan Sion, Klopp menilai pemainnya kesulitan karena kondisi lapangan Stadion Tourbillon yang sudah mulai membeku karena memasuki musim dingin. Karena itu, para pemainnya tak bisa memeragakan performa terbaik.

The Reds mendominasi 65 persen penguasaan bola. Kendati demikian, soal jumlah peluang, kedua tim sama-sama mengoleksi 6 tembakan.