Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

MSN Gemilang, Barcelona Juara Piala Dunia Antarklub

By Nugyasa Laksamana - Minggu, 20 Desember 2015 | 19:29 WIB
Para pemain Barcelona dan River Plate tengah berduel pada laga final Piala Dunia Antarklub 2015 di Stadion Nissan, Yokohama, Minggu (20/12/2015). (Atsushi Tomura/Getty Images)

Barcelona berhasil menjadi juara Piala Dunia Antarklub 2015 setelah menundukkan River Plate 3-0 pada laga final di Stadion Nissan, Yokohama, Minggu (20/12/2015). Kemenangan ini tak terlepas dari kegemilangan Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar.

Tiga gol kemenangan Barcelona dicetak oleh Messi pada menit ke-36, serta Suarez pada menit ke-49 dan 68.

Dengan demikian, Barcelona tercatat telah mengoleksi tiga gelar Piala Dunia Antarklub. Dua gelar sebelumnya diraih pada 2009 dan 2011.

Pada babak pertama, Barcelona yang tampil dengan kekuatan penuh mampu mendominasi laga. Kendati demikian, tembok pertahanan River Plate sulit ditembus.

El Barca baru bisa membuka keunggulan pada menit ke-36, melalui gol Lionel Messi. Umpan silang Dani Alves disambut sundulan Neymar yang kemudian sukses dituntaskan oleh Messi.

Selepas gol tersebut, Barcelona terus menunjukkan permainan ofensif. Namun, hingga turun minum, kedudukan 1-0 tidak berubah.

Memasuki babak kedua, tepatnya pada menit ke-49, Barcelona kembali menjebol gawang River Plate. Kali ini Luis Suarez yang mencatatkan namanya di papan skor.

Menerima umpan brilian dari Sergio Busquets, Suarez kemudian menggiring bola dan sukses memperdayai kiper River Plate, Marcelo Barovero. Barcelona unggul 2-0.

Pada menit ke-68, Suarez membawa Barcelona unggul 3-0. Umpan silang Neymar dari sisi kiri berhasil disambut Suarez dengan tandukan.

Hingga wasit Alireza Faghani meniup peluit panjang, tidak ada lagi gol yang tercipta dari kedua tim. Barcelona pun menang 3-0 atas River Plate dan berhak merengkuh gelar Piala Dunia Antarklub 2015.