Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Andy Murray Terpilih Jadi Olahragawan Terbaik BBC 2015

By Tulus Muliawan - Senin, 21 Desember 2015 | 19:29 WIB
Petenis Inggris, Andy Murray, terpilih menjadi olahragawan terbaik Inggris 2015 versi BBC. Penghargaan itu diberikan di Odyssey Arena, Irlandia Utara, Minggu (20/12/2015). (CARRIE DAVENPORT/GETTY IMAGES)

Bintang tenis Inggris, Andy Murray, terpilih menjadi olahragawan terbaik Inggris 2015 versi BBC. Ia mengalahkan juara dunia Formula 1 2008, 2014, dan 2015, Lewis Hamilton.

Murray menempati posisi pertama diikuti bintang rugbi Kevin Sinfield di tempat kedua dan Jessica Ennis-Hill (atletik) di posisi ketiga. Sedangkan juara bertahan Hamilton tidak masuk dalam tiga besar.

"Saya merasa terhormat bisa berada di depan banyak atlet besar. Saya hanya penggemar olahraga dan saat ini saya benar-benar merasa gugup," kata Murray dalam pidatonya di Odyssey Arena, Irlandia Utara.

"Kami telah memulai perjalanan panjang selama lima tahun dari tingkat bawah. Sekarang kita berada di peringkat satu dunia. Ini terlihat mustahil," ucap Murray soal kesuksesan Inggris di Piala Davis.

Bagi Murray, ini merupakan kedua kalinya ia menjadi olahragawan terbaik versi BBC. Sebelumnya ia meraihnya pada 2013 dengan mengalahkan Leigh Halfpenny (rugbi) dan Tony McCoy (berkuda).

Penghargaan lainnya:

Overseas Sports Personality of the Year (Pemain Asinh Terbaik): Dan Carter.

Young Sports Personality of the Year (Pemain Muda Terbaik): Ellie Downie.

Coach of the Year award (Pelatih Terbaik): Michael O'Neill.

Lifetime Achievement Award (Olahragawan Sepanjang Masa): AP McCoy.