Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Riyad Mahrez, Kilau Messi dari Aljazair

By Senin, 4 Januari 2016 | 11:37 WIB
Winger Leicester City, Riyad Mahrez, merayakan gol yang dia cetak ke gawang Everton dalam pertandingan Premier League di Goodison Park, Liverpool, Inggris, 19 Desember 2015. (MICHAEL REGAN/GETTY IMAGES)

Media-media di Prancis menyebut Riyad Mahrez sebagai Lionel Messi Aljazair. Pemain kelahiran 21 Februari 1991 itu memang memiliki beberapa cara bermain seperti Messi.

Seperti bintang asal Argentina itu, Mahrez beroperasi dari sisi sayap kanan dan mengandalkan kaki kiri saat mendribel bola untuk melewati lawan atau menembak ke gawang.

Mantan bek Liverpool, Jamie Carragher, mengatakan kepada Sky Sports bahwa Mahrez mengeksekusi berbagai hal dengan kaki kirinya, yang hanya dapat dilakukan oleh Messi.

[video]https://video.kompas.com/e/4684066063001_ackom_pballball[/video]

Mahrez jelas bangga. "Rasanya luar biasa ketika orang menyebut saya dan Messi bersama karena buat saya Messi adalah yang terbaik dari terbaik. Saya selalu menonton Barca lewat televisi di rumah karena suka cara mereka bermain," ujar Mahrez.

Pemain kidal ini sudah mengoleksi 13 gol dan 7 assist sepanjang musim. Kesemua golnya datang dari kotak penalti dan empat dari antaranya tiba lewat titik putih.

Hebatnya, Mahrez mencatatkan ke-13 gol tersebut dari hanya 27 tembakan tepat sasaran, yang berarti satu dari dua tembakan tepat sasarannya berbuah gol.

Pemain asal Aljazair ini telah membobol gawang Sunderland, West Ham, Tottenham, Stoke, West Brom, Swansea, Chelsea, Everton.

Tiga gol yang Mahrez catatkan kontra Swansea menjadikannya pemain asal Aljazair pertama yang menorehkan trigol di Premier League.

Hanya, gol-gol Mahrez mengering selama festive season. Ia gagal mencetak gol sepanjang tiga laga musim liburan di Inggris kontra Liverpool, Man City, dan Bournemouth.