Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Bek United ini Cetak Rekor Saat Lawan Bournemouth

By Suryo Wahono - Sabtu, 19 Desember 2015 | 05:37 WIB
Bek Manchester United, Cameron Borthwick-Johnson, cetak rekor saat menghadapi West Ham, Sabtu (5/12/2015). (OLI SCARFF/AFP)

Dalam pertandingan Bournemouth melawan Manchester akhir pekan lalu rupanya ada rekor yang terpecahkan. Bek muda United, Cameron Borthwick-Jackson memecahkan rekor nama terpanjang Premier League.

Laporan statistik di Premier League biasanya berisi angka-angka yang berkaitan dengan performa pemain atau tim. Akan tetapi, situs resmi United baru-baru ini mengumumkan bahwa Borthwick-Jackson adalah pemain dengan nama terpanjang yang pernah membela The Red Devils.

Nama Cameron Borthwich-Jackson berisi dari 23 huruf, yang artinya dua huruf lebih banyak daripada rekor sebelumnya atas nama Bastian Schweinsteiger.

Apakah itu memang nama pemain United yang paling panjang?

Semestinya bukan. Di Old Trafford belum lama ini ada pemain yang punya nama yang terdiri dari 24 huruf, yaitu Luis Carlos Almeida da Cunha, tetapi dia lebih dikenal dengan nama pendek Nani atau Luis Nani (nama populer).

Akan tetapi, nama lengkap Borthwick-Jackson memang ditulis lengkap dalam daftar skuat resmi yang diumumkan sebelum pertandingan, sedangkan gelandang asal Portugal tadi hanya disebut Nani.

Borthwich-Jackson juga mencetak rekor sebagai nama lengkap terpanjang yang tercatat pernah bermain di Premier League.

Rekor sebelumnya dipegang oleh Kevin Theophile-Catherine dan Jan Vennegoor of Hesselink. Lagi-lagi ini adalah nama populer karena sejumlah pemain, terutama yang berasal dari Amerika Latin, kemungkinan punya nama lengkap cukup panjang.

Cristiano Ronaldo juga punya nama asli yang panjang. Ronaldo adalah nama populernya, sementara nama aslinya Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro (31 huruf).