Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Carlo Ancelotti Siap Gantikan Pep Guardiola di FC Bayern

By Wieta Rachmatia - Kamis, 17 Desember 2015 | 19:54 WIB
Carlo Ancelotti, menemui media sebagai pelatih Real Madrid dalam laga semifinal leg kedua Liga Champions kontra Juventus pada 12 Mei 2015. (DENIS DOYLE/GETTY IMAGES)

Kabar soal rencana kepindahan Josep Guardiola ke Manchester City sudah santer beredar. Sebagai pengganti Pep, Bayern Muenchen dikabarkan siap menunjuk Carlo Ancelotti sebagai pelatih bagi Thomas Mueller dkk mulai musim 2016-2017.

Situs berita Jerman, Bild, mengklaim bahwa FC Bayern sudah mencapai kata sepakat dengan Ancelotti. Arsitek tim asal Italia ini akan segera menandatangani kontrak berdurasi tiga tahun di Allianz Arena.

Menurut rencana, pengumuman resmi soal pergantian pelatih FC Bayern baru akan dirilis pekan depan. Ancelotti akan mengambil alih posisi Guardiola yang kontraknya berakhir pada Juni 2016.

Saat ini, Ancelotti berstatus pengangguran alias tanpa klub. Klub terakhir yang ditanganinya adalah Real Madrid, yaitu pada 2013 hingga 2015.

Sepanjang kariernya, Ancelotti telah berpengalaman menangani sederet klub papan atas Eropa.

Pelatih berusia 56 tahun itu memulai karier kepelatihannya bersama Reggiana, sebelum menangani Parma, Juventus, AC Milan, Chelsea, Paris Saint Germain, dan Madrid.

[video]https://video.kompas.com/e/4659672038001_ackom_pballball[/video]

Sebagai pelatih, Ancelotti juga sukses meraih cukup banyak gelar bergengsi, termasuk gelar domestik di Italia, Inggris, Prancis, serta Spanyol. Ia sudah tiga kali menjuarai Liga Champion, dua kali bersama Milan dan sekali dengan Madrid.

Koleksi gelar pribadinya mencakup Pelatih Terbaik Serie A, Pelatih Terbaik Ligue 1, Manajer Terbaik UEFA, serta menempati posisi runner-up dalam pemilihan Pelatih Terbaik Dunia 2014.