Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Apa Kata Jenson Button tentang Formula 1 2016?

By Rabu, 16 Desember 2015 | 15:16 WIB
Pebalap McLaren asal Inggris, Jenson Button, tiba di paddock Sirkuit Yas Marina sebelum sesi latihan ketiga GP Abu Dhabi, Sabtu (28/11/2015). (MARK THOMPSON/GETTY IMAGES)

Pebalap McLaren asal Inggris, Jenson Button, mengutarakan pendapatnya seputar jadwal Formula 1 2016 yang terdiri dari 21 grand prix.

Menurut juara dunia 2009 ini, jumlah tersebut mencapai batas maksimal dan akan berat bagi banyak orang, terutama kru tim.

"Buat saya, tidak masalah karena saya senang balapan dan saya berharap akan ada balapan lagi pada akhir pekan depan," kata Button yang diberitakan oleh Autosport.

"Ini bukan masalah buat saya. Saya terbang pada Kamis untuk balapan-balapan di Eropa dan saya pergi pada Minggu malam, sementara tim mekanik harus berkerja jauh lebih lama," aku pebalap 35 tahun tersebut.

Dengan 21 balapan dalam satu musim, kru tim memang dituntut kerja keras. Mereka akan lebih sering meninggalkan rumah. Apalagi akan ada enam balapan back to back atau digelar dalam dua pekan secara berurutan.

"Akan sulit bagi mekanik atau teknisi untuk memiliki hubungan (dengan orang di luar F1). Bagi mereka, ini tidak akan mudah," kata suami Jessica Michibata tersebut.

"Semoga jumlah tersebut tidak bertambah pada 2017 karena saya pikir itu akan sangat berlebihan," ujar Button menembahkan.

Button khawatir jumlah balapan yang terlalu banyak akan membuat kru tim memilih mundur karena tuntutan yang terlalu besar.

Persaingan Formula 1 2016 akan dimulai pada akhir Maret di Sirkuit Melbourne Park, Australia. Musim akan berakhir di Abu Dhabi pada akhir November.