Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Statistik Periode Pertama Kepelatihan Hiddink di Chelsea

By Wisnu Nova Wistowo - Sabtu, 19 Desember 2015 | 22:01 WIB
Guus Hiddink, saat masih memimpin Chelsea, dalam pertandingan leg kedua perempat final Liga Champions kontra Liverpool di Stamford Bridge, London, Inggris, 14 April 2009. (RYAN PIERSE/GETTY IMAGES)

 Guus Hiddink punya statistik positif pada periode pertama kepelatihannya, Februari sampai Mei 2009 lalu. 

Hiddink untuk kedua kalinya terpilih sebagai manajer sementara Chelsea. Sabtu (19/12/2015), Dia kembali menjadi manajer ad interim menggantikan Jose Mourinho yang dipecat pada 2 hari sebelumnya. 

“Saya senang kembali ke Chelsea, salah satu klub terbaik di dunia” ujar Hiddink seperti dilansir BBC

“Saat ini, kondisi Chelsea memang sedang buruk. Namun, saya yakin kami akan bisa membalikkan segalanya,” kata pelatih asal Belanda itu. 

Enam tahun lalu, Hiddink juga hadir ke Stamford Bridge dengan status pengganti sementara. Dia mengisi pos yang ditinggalkan Luiz Felipe Scolari. 

Sambil merangkap jabatan sebagai pelatih tim nasional Rusia, Hiddink menjalani start sempurna. Pada 4 laga awal Premier League, The Blues selalu bisa meraih kemenangan. 

Dari 13 kali Hiddink melatih di Premier League, Chelsea hanya sekali kalah dan sekali seri. Sebelas laga lainnya berakhir dengan kemenangan sehingga The Blues finis di posisi ketiga, di bawah Manchester United dan Liverpool. 

The Blues juga diantarkan Hiddink ke semifinal Liga Champions. Namun, John Terry dkk kalah agresivitas gol tandang karena bermain imbang tanpa gol di Camp Nou (28/4/2009) dan seri 1-1 di Stamford Bridge (6/5/2009). 

Kendati gagal di Premier League dan Liga Champions, Hiddink sukses mengantarkan Chelsea meraih prestasi di Piala FA. The Blues diantarkannya ke tangga juara berkat kemenangan 2-1 atas Everton pada laga puncak (30/5/2009). 

Statistik Guus Hiddink pada periode pertama latih Chelsea

Main: 22 

Menang: 16

Seri: 5 

Kalah: 1