Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Walcott Puji Efek Cech

By Anju Christian Silaban - Senin, 14 Desember 2015 | 22:50 WIB
Penjaga gawang Arsenal, Petr Cech, melakukan selebrasi setelah timnya mengalahkan Olympiakos 3-0 pada pertandingan terakhir penyisihan Grup F Liga Champions di Georgios Karaiskakis Stadium, Piraeus, Rabu (9/12/2015). (LOUISA GOULIAMAKI/AFP)

Theo Walcott menilai, Petr Cech telah memberikan lonjakan kualitas untuk pertahanan Arsenal. Pendapat tersebut disampaikan Walcott setelah Arsenal menang 2-0 atas Aston Villa, Minggu (13/12/2015).

Pertandingan kontra Villa merupakan kali ke-169 Cech mencatat clean sheet di Premier League. Dia sekaligus menyamai torehan eks penjaga gawang tim nasional Inggris, David James.

"Dari sisi personal, rekor ini bagus untuknya. Kehadiran pemain seperti dia di lini belakang selalu dibutuhkan," tutur Walcott.

"Cech benar-benar mengubah pertahanan kami. Dia merupakan sosok vokal dan memercayai semua pemain,. Dia juga menjadi pemimpin di ruang ganti," tuturnya.

Kesuksesan Arsenal memuncaki klasemen Premier League tak lepas dari sosok Cech. Arsenal tercatat sebagai tim dengan pertahanan terbaik kedua di liga dengan 13 kemasukan.

Menurut Squawka, Cech sudah melakukan 39 penyelamatan. Catatan ini masuk kategori lima terbaik di kasta teratas Inggris musim ini.

[video]https://video.kompas.com/e/4659971309001_ackom_pballball[/video]