Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Barcelona Resmi Gaet The Next Neymar Junior, Robert Gonzalves

By Verdi Hendrawan - Kamis, 31 Desember 2015 | 05:03 WIB
Robert Goncalves (tengah) bersama Albert Soler dan Silvio Elias setelah menandatangani kesepakatan pinjaman di Barcelona, Spanyol, pada Rabu (30/12/2015). (VICTOR SALGADO/FCB)

Barcelona B telah mengonfirmasi keberhasilan merekrut striker muda Fluminense, Robert Goncalves Santos. Striker berusia 19 tahun itu selama ini sudah disebut-sebut sebagai the next Neymar Junior.

Melalui situs resmi klub, Barcelona mengkonfirmasi telah meraih kesepakatan dengan Fluminense mengenai Robert. Pemain kelahiran Rio de Janeiro itu akan bergabung dengan Barcelona B pada Januari 2016 dengan status pemain pinjaman hingga akhir musim ini.

Barcelona juga mengabarkan bahwa Robert telah berhasil lolos dari tes medis sebagai syarat transfer. Ia diharapkan sudah bisa ikut berlatih bersama tim arahan pelatih Gerard Lopez itu pada Kamis (31/12/2015).

Meski hanya sebagai pemain pinjaman, Barcelona memiliki opsi dalam kesepakatan transfer ini untuk membelinya secara permanen pada masa yang akan datang.

Namun, Robert pernah mengungkapkan bahwa dirinya masih ingin tetap bertahan di Fluminense demi mendapat sebanyak-banyaknya pengalaman sebelum memutuskan hengkang ke Eropa.

Robert merupakan salah satu fenomena baru di sepak bola Brasil. Setelah lulus dari akademi Fluminense, ia menjalani debut bersama tim senior saat masih berusia 17 tahun menghadapi Bahia pada Desember 2013.

Meski peluang tampil bersama tim utama Barcelona sangat kecil, Robert dilepas Fluminese agar mendapat pengalaman baru demi perkembangannya sebagai pemain muda dan memiliki dampak yang sama dengan Neymar di Spanyol.

Sejauh ini Robert telah tampil sembilan kali bersama tim utama Fluminense dan mencetak dua gol. Pemain 19 tahun, yang lahir di Rio de Janiero, itu menerobos ke tim pertama Fluminense pada 2013. Selama tiga tahun terakhir, ia memeras sebuah penampilan beberapa untuk klub.

Robert juga pernah menjadi bagian dari tim nasional Brasil U-17 dan memiliki delapan caps.